Cuaca Ekstrem… Suhu Terpantau Capai Angka 35 Derajat Celcius, Riau Kembali ”Dikepung” Titik Panas

Cuaca Ekstrem… Suhu Terpantau Capai Angka 35 Derajat Celcius, Riau Kembali ”Dikepung” Titik Panas

Water bombing yang dilakukan satgas udara ke titik lahan yang terbakar di Riau.

Kamis, 23 Juni 2016 22:37 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Panas terik dengan temperatur maksimal hingga 35 derajat Celcius terpantau melanda Provinsi Riau, Kamis (23/6/2016). Kondisi tersebut tak ayal sedikit banyaknya menjadi faktor yang membuat jumlah titik panas atau hotspot meningkat tajam, sore ini. Menurut data Citra Satelit yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) stasiun Pekanbaru, sedikitnya ada 23 titik panas (hotspot) yang tersebar di tujuh Kabupaten se-Riau. Angka tersebut meningkat drastis bila dibanding pagi tadi, di mana Riau dinyatakan nihil titik panas.

Diuraikan BMKG, titik panas terbanyak berada di Kabupaten Inhil, yakni 10 hotspot, disusul Kabupaten Pelalawan lima hotspot dan Inhu empat hotspot. Sisanya berada di Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kuansing dan Siak dengan masing-masing satu hotspot atau titik panas.

"Untuk titik panas dengan level confidence (berpotensi titik api, red) di atas 70 persen kita hitung ada lima spot, yakni di Kuansing satu titik, Inhu dua titik dan Inhil juga dua titik," kata Kepala BMKG Stasiun Pekanbaru, Sugarin, Kamis sore.

Peningkatan titik panas tersebut, bisa jadi disebabkan berbagai faktor, termasuk salah satunya temperatur. Menurut pantauan BMKG, temperatur maksimal di Riau hari ini mencapai 35 derajat Celcius dengan kelembapan maksimal 92-97 persen. Apalagi sebagian Riau kini sudah masuk musim kemarau.

"Pada umumnya cuaca di Wilayah Riau masih akan cerah hingga berawan. Untuk peluang terjadinya hujan kita prediksi cukup kecil. Yang jelas hasil pengamatan, jarak pandang masih normal (tidak berasap, red). Satgas di lapangan juga sudah melakukan upaya pemadaman di lahan yang terbakar," tukasnya.

Selain di Riau, titik panas juga terpantau dibeberapa provinsi lain di Sumatera, seperti Bengkulu dengan jumlah 23 hotspot, Sumatera Selatan 13 hotspot, Sumatera Utara 12 hotspot, Jambi tujuh hotspot, Sumatera Barat enam hotspot dan Lampung empat hotspot. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Lingkungan, Umum, Riau
wwwwww