Home > Berita > Riau

Bukan Sekadar Isu! Ternyata Benar, Banyak Warga Duri Pindah Massal ke Sumbar

Bukan Sekadar Isu! Ternyata Benar, Banyak Warga Duri Pindah Massal ke Sumbar

Ilustrasi.

Kamis, 16 Juni 2016 09:47 WIB

DURI, POTRETNEWS.com - Desas-desus pindah masal warga Duri, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau ke Sumatera Barat ini diakui banyak kalangan. Rata-rata mereka yang pindah ini adalah mantan buruh yang bekerja di perusahaan sub kontraktor Chevron Duri. Seperti yang diakui Rizki warga Kelurahan Pematang Pudu yang datang ke Kantor UPT Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil Mandau), Selasa (14/6/2016) pagi. Rizki merencana mengajukan surat pindah ke Padang Sumatera Barat (Sumbar) membawa anggota keluarganya.

"Selain balik kampung, kami juga mau coba bekerja di perusahaan di Sumbar yang katanya sedang menerima tenaga kerja cukup banyak. Paling tidak kita bisa tetap hidup dikampung halaman sendiri, berharap menunggu di Duri tidak juga bakal dapat pekerjaan. Meskipun sudah memiliki rekan sangat dekat dengan managemen perusahaan," kata Rizki.

Sementara itu, berdasarkan data yang berhasil dirangkum dari UPT Disdukcapil Mandau jumlah permohonan surat pindah ke Sumatera Barat memang jauh lebih banyak dari pada pindah ke daerah lainnya. Sejak awal Juni 2016 saja permohonan yang mengajukan pindah ke Sumbar mencapai 36 berkas.

"Jika dibandingkan pindah ke Sumatera Utara, jauh lebih banyak yang pindah ke Sumbar. Rata-rata alasannya memang ingin bekerja di Sumbar. Katanya ada perusahaan besar yang buka di Sumbar," ucap Staf UPT Disdukcapil Mandau, Rozen.

Menurutnya, pindah masal yang dilakukan warga Duri ini wajar saja jika melihat kondisi ekonomi yang ada sekarang. Untuk mencari rupiah yang halal itu sangat sulit jika tidak menyandang status pekerja di perusahaan.

"Permohonannya belum sampai 500 KK, tetapi bisa jadi mereka orang Duri yang pindah ke Sumbar ini memang memiliki Kartu Keluarga di Sumbar dan di Duri hanya sebagai pendatang," ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww