Nikmatnya Gulai Umbut Rotan, Makanan Khas Pelalawan yang Cuma Ada di Bulan Ramadan

Nikmatnya Gulai Umbut Rotan, Makanan Khas Pelalawan yang Cuma Ada di Bulan Ramadan

Ilustrasi.

Sabtu, 11 Juni 2016 20:37 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Gulai umbut rotan yang merupakan masakan khas Kabupaten Pelalawan, Riau, menjadi salah satu makanan yang hadir di saat bulan Ramadan. Kekhasan rasanya, menjadikan umbut rotan menu favorit berbuka puasa masyarakat Pelalawan. Makanan ini menggunakan bahan dasar umbut rotan (rotan muda) dan ikan salai. Sedangkan bumbunya berupa santan kelapa, cabe kampung, bawang merah dan putih, jahe, kunyit dan bumbu rempah lainnya yang digiling halus.

Setelah semua bumbu digiling halus, bumbu dimasukkan kedalam santan dan direbus hingga matang. Sementara bahan dasar berupa umbut rotan direbus menggunakan air lain, agar rasa kuah gulai tidak terasa pahit.

Sebab, umbut rotan memiliki ciri khas tersendiri dari rasanya yang sedikit agak pahit. Umbut rotan juga hanya bisa didapatkan dihutan tropis yang masih terjaga.

Setelah bumbu dan santan matang, kemudian bahan dasar umbut rotan dan ikan salai turut dimasukkan. Masakan gulai umbut rotan pun telah siap dihidangkan.

"Hari-hari biasa ada juga yang membuat gulai umbut rotan ini, tapi sangat jarang. Bulan puasa lah banyak masyarakat yang membuat," kata Maisyarah (43), Ibu rumah tangga asli kelahiran Kualaterusan, Pangkalankerinci.

Menurut dia, pada hari-hari biasa gulai umbut rotan ini tidak dijual di rumah-rumah makan. "Sudah menjadi tradisi setiap bulan puasa bagi warga disini. Kalau di bulan puasa belum masak gulai umbut rotan, kaya ada yang kurang pas," ujar wanita yang akrab dipanggil Sarah ini.

Kuliner ini menjadi salah satu khazanah kekayaan kuliner nusantara. Banyak tradisi yang menyertai kekhasan kuliner ini terutama dari sisi budaya lokal Indonesia. Pengaruh rempah yang berlimpah, menambah keragaman rasa kuliner. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
GoRiau.com

Kategori : Pelalawan, Umum
wwwwww