Home > Berita > Siak

Sembilan Kejari di Riau Berubah Nama, Ini Nama Barunya...

Sembilan Kejari di Riau Berubah Nama, Ini Nama Barunya...

Prasasti peresmian perunahan nama salah satu kejaksaan negeri.

Senin, 30 Mei 2016 18:29 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Kejaksaan Negeri (Kejari) Bagansiapiapi berubah nama menjadi Kejaksaan Negeri Rokan Hilir. Perubahan nama ini beradasarkan Keputusan Jaksa Agung nomor: kep-349AJA52016 tertanggal pada 13 Mei 2016. Setidaknya ada 9 Kejaksaan di Provinsi Riau yang berubah nama. Acara ini ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kejati) Provinsi Riau Susdiyarto Agus Praptomo, SH, MHum di Aula Kejati Riau, Senin (30/5/2016) pukul 09.00 WIB.

Kepala Kejaksaan Negri Rokan Hilir Bima Suprayoga didampingi Kasi Intel Sri Odit Megonondo, SH mengatakan, meskipun berubah nama namun untuk anggaran tidak ada perubahan.

"Perubahan nama ini merupakan Keputusan Jaksa Agung sehingga akan menjadi lebih jelas wilayah hukum kami adalah Rokan Hilir," kata Bima.

Nama ini juga menyesuaikan nama pemerintahan daerah dalam hal ini Kabupaten Rokan Hilir serta lebih mendekatkan diri pihak Kejaksaan Negri Rokan Hilir kepada masyarakat Rokan Hilir. "Nama baru tentunya semangat baru juga bagi kita untuk menegakkan hukum di wilayah Rokan Hilir," kata Bima.

Nantinya pihak Kejari Rokan Hilir akan segera mengganti plang nama di kantor kejari di kawasan perkantoran Batu Enam.

"Kalau sekarang masih nama lama secepatnya kita ganti dalam minggu ini," kata Bima. Usai penandatangan, Kajati Riau menyerahkan berita acara perubahan nama kepada 9 kajari di Riau.

Adapun 9 Kabupaten yang berubah nama yakni Kejari Bagansiapiapi menjadi Rokan Hilir, Kejari Pasirpengaraian menjadi Kejari Rokan Hulu, Kejari Telukkuantan menjadi Kejari Kuantan Singingi, Kejari Selatpanjang menjadi Kejari Meranti, Kejari Siak Sri Indrapura menjadi Kejari Siak, Kejari Tembilan menjadi Kejari Indragiri Hilir, Kejari Rengat menjadi Kejari Indragiri Hulu, Kejari Pangkalankerinci menjadi Kejari Pelalawan dan Kejari Bangkinang menjadi Kejari Kampar.

Sedangkan 3 Kabuptan dan Kota tidak berubah karena sudah sama dengan nama kabupatan dan kota tempat pemerintahnya seperti Kejari Dumai, Kejari Bengkalis dan Kejari Pekanbaru. Namun ketiga kajari 3 kabupaten dan kota ini hadir dalam acara itu. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Riaueditor.com

wwwwww