BMKG Rilis Curah Hujan di Riau Mulai Berkurang

BMKG Rilis Curah Hujan di Riau Mulai Berkurang

Ilustrasi.

Senin, 30 Mei 2016 16:34 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyatakan, curah hujan mulai berkurang di Provinsi Riau. Penyebabnya, wilayah tersebut telah memasuki awal musim kemarau. "Kalau kita perhatikan, curah hujan mulai kurang sepekan terakhir di Riau. Data kami pekan ini seperti 27 Mei 2016, terjadi curah hujan dengan intensitas ringan di tiga daerah," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru Slamet Riyadi, Minggu (29/5/2016).

Slamet menerangkan, tiga daerah tersebut, yakni Kota Bangkinang, Kabupaten Kampar (curah hujan 39,3 milimeter), Kota Pekanbaru (26,5 milimeter), dan Kabupaten Pelalawan (18,5 milimeter). Sementara, untuk daerah lain, terutama di wilayah pesisir Riau, meliputi enam kabupaten/kota, seperti Rokan Hilir, Dumai, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, dan Pelalawan, dilanda cuaca cerah hingga berawan dalam sepekan terakhir.

Slamet mengimbau, instansi terkait, terutama di daerah rawan terbakar, mulai meningkatkan kewaspadaan. Alasannya, dari 8,9 juta hektare lebih luas daratan di Riau, sekitar 4,36 juta hektar terdiri atas kawasan hutan dan lahan gambut. "Tujuannya agar kebakaran lahan dan hutan tahun ini bisa diminimalisasi," ujar Slamet. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Republika.co.id

Kategori : Peristiwa, Riau
wwwwww