Home > Berita > Inhil

Enam Rumah Ambruk Diterjang Longsor di Tanahmerah Inhil, Warga Diungsikan Hindari Bencana Susulan

Enam Rumah Ambruk Diterjang Longsor di Tanahmerah Inhil, Warga Diungsikan Hindari Bencana Susulan

Rumah warga yang ambruk akibat longsor.

Kamis, 26 Mei 2016 17:07 WIB
Muhammad Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Enam unit rumah menjadi korban dalam musibah tanah longsor yang terjadi di Jalan Buluk Gang Seni RT 02/RW 01 Desa/Kecamatan Tanahmerah, Kabupaten Indragiri Hilir, Kamis (26/5/2016). Berdasarkan keterangan dari Kapolres Inhil AKBP Hadi Wicaksono melalui Paur Humas Ipda Heriman Putra, kejadian bermula sekira pukul 12:30 WIB. Adapun kronologi kejadian, kata Heriman, saat itu sekira 12.30 WIB Heriyanto (42), salah seorang warga sedang berada di rumah mendengar suara papan runtuh.

"Kemudian saksi langsung keluar rumah dan melihat rumah yg berada diseberang rumahnya mulai bergerak runtuh ke sungai, kemudian saksi berteriak longsor, setelah itu wrga sekitar keluar rumah dan menolong para korban," katanya.

Dalam kejadian musibah tanah longsor tersebut tidak terdapat korban jiwa, kerugian ditaksir lebih kurang Rp750 juta

"Dugaan awal terjadinya musibah tanah longsor disebabkan oleh abrasi air sungai. Hal ini dikarenakan pemukiman rumah masyarakat yang mengalami musibah longsor berada di sepanjang pinggir sungai perigi Kuala Enok dan pada saat terjadinya musibah tanah longsor air dalam keadaan sedang surut," jelasnya lagi.

Hingga saat tim dari BPBD Inhil, Pemerintah Kecamatan Tanahmerah dan Polsek Tanahmerah serta masyarakat setempat sedang melakukan pendataan terhadap identitas pemilik rumah dan mengevakuasi barang-barang milik pemilik rumah yang masih bisa diselamatkan sedangkan terhadap warga pemilik rumah yang mengalami musibah tanah longsor ditempatkan di rumah kerabat dan di rumah masyarakat di sekitar TKP tanah longsor, menghindari bencana susulan. ***

Kategori : Inhil, Peristiwa
wwwwww