Malam Puncak HUT ke-70 PWI dan HPN 2016 Tingkat Provinsi Riau di Kuansing Semarak

Pers Riau Harus Merdeka dari Rasa Takut

Pers Riau Harus Merdeka dari Rasa Takut

Suasana malam puncak HUT ke-70 PWI dan HPN 2016 Tingkat Provinsi Riau di Telukkuantan, Kabupaten Kuantan Singingi.

Jum'at, 20 Mei 2016 11:28 WIB
TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com - Malam resepsi peringatan HUT ke-70 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dan Hari Pers Nasional (HPN) 2016 berlangsung semarak di Aula SMAN Pintar Kuansing, Telukkuantan, Kamis (19/5/2016). Malam puncak ini dihadiri Plt Gubernur Riau Ir H Arsyadjuliandi Rachman, Ketua Komisi B DPRD Riau Marwan Yohanis, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) H Sukarmis, Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Wali Kota Dumai Zulkifli As, Wakil Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Rosman Malomo beserta para perwakilan daerah lainnya.

Dari keluarga besar PWI hadir Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat H Tarman Azzam, Wakil Ketua Dewan Pers Ahmad Djauhar, Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia beserta jajaran dan seluruh pimpinan PWI se-Provinsi Riau dan para pengurus PWI di Kuansing.

Selain itu, hadir pula Ketua DPRD Kuansing Andi Putra SH, Kapolres AKBP Edy Sumardi SIK, Pabung Dandim Inhu-Kuansing Kapten IM Samosir beserta muspida lainnya. Kemudian, turut meramaikan malam puncak peringatan HPN ini adalah para pejabat se-Riau.

Plt Gubernur Riau menyampaikan ucapan selamat HUT PWI dan memperingati HPN tahun 2016. Harapannya, apa yang telah dibina selama ini dapat ditingkatkan lagi. “Mudah-mudahan niat kita bersama membangun daerah ini terlaksana,” katanya.

Pada kesempatan itu, PWI Riau memberikan penghargaan kepada pihak yang mengabdikan diri dunia jurnalistik dan tokoh-tokoh yang mendukung perkembangan pers di Riau. Salah satu di antaranya Chairman Riau Pos Group Rida K Liamsi. Selain Rida wartawan senior Muslim Kawi, Makmur Hendrik, Hotmand Simanjuntak, Mulyadi dan Harmen Milano juga mendapatkan penghargaan.

Bupati Kuansing H Sukarmis juga mendapatkan pengharggan atas kepeduliannya terhadap pers yang tidak pernah putus selama 10 tahun. Kemudian Dheni Kurnia dan Said Mustafa Husin menerima penghargaan atas pengabdian dan kesetiaan dalam melaksanakan tugas sebagai wartawan selama 30 tahun lebih.

“Semoga ke depan pers ini lebih baik dan selalu memberikan masukan terhadap mendukung kelancaran pembangunan di Riau ke depan,” ujar Bupati Sukarmis.

Sementara Ketua Dewan Penasihat PWI Pusat, H Tarman Azzam memuji perkembangan pers di Riau. Menurutnya, kemerdekaan pers dari dan untuk rakyat itu harus digelorakan.

“Pers harus menjaga nilai penghargaan kepada partner. Kalau dia salah, ditegur baik-baik. Kalau dia benar, didukung,” ucapnya.

Ia juga menyinggung soal media sosial yang dinilai banyak merugikan. “Saya tahu di Riau, kawan-kawan banyak gunakan perangkat internet. Ingat, medsos itu bukan pers. Oleh karena itu, ariflah memanfaatkan teknologi ini. Pers itu harus merdeka dari rasa takut, rasa khawatir, rasa dibredel dan dibungkam. Karena semua ketakutan tidak boleh terjadi, karena pers punya kodrat tersendiri untuk melayani publik,” ujarnya semangat.

Ketua PWI Riau H Dheni Kurnia menambahkan, PWI Riau Award adalah penghargaan tertinggi yang diberikan PWI Riau kepada tokoh-tokoh yang mendukung perkembangan pers di Kuansing.

Selain itu, PWI Riau juga memberikan penghargaan kepada wartawan yang berhasil memenangkan Lomba Karya Tulis Jurnalistik dan PWI Terbaik se-Riau, yang disabet oleh PWI Kampar. Selanjutnya, tahun depan, Kota Dumai akan menjadi tuan rumah HPN tingkat Provinsi Riau tahun depan. ***

Editor:
Mukhlis

Sumber:
Riaupos.co

Kategori : Kuansing, Peristiwa
wwwwww