Home > Berita > Riau

Kekurangan SMP di Riau Ini Betul-betul Komplit, Berdinding Angin, Beratap Langit

Kekurangan SMP di Riau Ini Betul-betul Komplit, Berdinding Angin, Beratap Langit

Markarius Anwar meninjau sekolah jauh yang belum memiliki dinding dan atap. (foto: riaupos.co)

Selasa, 03 Mei 2016 16:26 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Miris. Di Provinsi Riau yang dikenal sebagai provinsi yang kaya, ternyata masih ada sekolah tingkat SMP yang masih jauh dari kata layak. Sekolah jauh yang hanya memiliki kerangka bangunan dan tidak memiliki atap tersebut terletak di Dusun Tasik Indak, Desa Sedati, Kecamatan Langgam, Kabupaten Pelalawan. Namun, hingga saat ini sekolah tersebut belum mendapatkan bantuan dari pemerintah. Anggota DPRD Riau Daerah Pemilihan (Dapil) Siak-Pelalawan, Markarius Anwar menyampaikan, karena jarak sekolah Negeri dari Dusun Tasik Indah dan Desa Sedati jaraknya kurang lebih 30 km, masyarakat setempat mengambil inisiatif untuk membangun sekolah jauh di daerah tersebut. Jumlah siswa di angkatan pertama mencapai 40 siswa.

Namun karena sekolah jauh tersebut tidak permanen, pada saat diterpa angin kencang, bangunan tersebut rubuh dan kembali diperbaiki masyarakat setempat dengan bangunan semi permanen. Akan tetapi, semenjak satu tahun belakangan ini, bangunan tersebut masih belum selesai.

"Seharusnya pemerintah mengambil alih sekolah ini, karena sekolah jauh ini jauh dari sekolah negeri yang ada di kecamatan tersebut. Harus ada campur tangan pemerintah, karena sekolah merupakan hal yang penting untuk diperhatikan," jelasnya.

Untuk itu, selaku Anggota Komisi E DPRD Riau yang membidangi pendidikan, dia akan mengakomodir anggaran bantuan keuangan untuk sekolah tersebut melalui bantuan keuangan yang akan diajukan dalam APBD murni 2017 mendatang.

"Itu saya akan minta untuk diakomodir di APBD murni 2017 nanti melalui bankeu. Karena dia tingkat SMP, biar daerah yang melaksanakan," ujarnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Riaupos.co

Kategori : Riau, Umum
wwwwww