Humas PT Suntara Gaja Pati di Dumai Tuding Perambah yang Bakar Lahan Perusahaan

Humas PT Suntara Gaja Pati di Dumai Tuding Perambah yang Bakar Lahan Perusahaan

Ilustrasi.

Minggu, 10 April 2016 21:20 WIB
DUMAI, POTRETNEWS.com - Pihak PT Suntara Gaja Pati (SGP) menduga lahan yang ditemukan terbakar Sabtu (9/4/2016) kemarin, dibakar oleh masyarakat yang merambah di sekitar areal perusahaan. Hal ini diperkuat oleh lokasi yang terbakar berupa ladang sawit dan semak belukar. Lokasinya juga jauh dari hutan akasia areal konsesi Hutan Tanaman Industri (HTI) SGP.

Tapi menurut Humas PT SGP, Ikhsan, kini api sudah berhasil dipadamkan. Walau masih terlihat kepulan asap di sekitar areal bekas kebakaran. Namun Regu Pemadamam bakal memastikan api padam menyeluruh.

Dijelaskannya bahwa tim pemadam langsung meluncur ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman. Sebanyak 32 personel dikerahkan, dibantu oleh tim gabungan unsur terkait. Seperti BPBD, TNI dan Kepolisian.

Apalagi awalnya terlihat asap dari Camp Pantau Regu Pemadam Perusahaan. Maka tim langsung bergegas melakukan upaya pemadaman. Sembari berkordinasi dengan kepolisian untuk memburu pelaku pembakar lahan.

Maklum, lokasi yang terbakar merupakan areal perusahaan yang diklaim masyrakarat, atau disebut Klaim Berat. Sebab lahan di kawasan tersebut dibuka oleh masyarakat. Bahkan mereka berani merambah hutan di lokasi tersebut.

Sebelumnya, aksi pembakaran lahan juga ditemukan di areal perusahaan tersebut. Sekitar satu hektar lahan juga terbakar. Diduga kuat lahan dibakar oleh oknum masyarakat yang hendak membuka lahan di areal konsesi perusahaan.

Sedangkan untuk areal hutan akasia, dipastikan tidak ada kebakaran lahan. Maka ia pun berharap pihak kepolisian bisa mengamankan oknum pembakar lahan. Sehingga tidak ada lagi yang mencoba membakar lahan di areal perusahaan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Lingkungan, Umum, Dumai
Sumber:Tribunpekanbaru.com
wwwwww