Gawat, Karhutla di Jalan H Ilyas Terus Meluas dan Sudah Menyatu dengan Kawasan Sekitar Rumah Sekda Bengkalis

Gawat, Karhutla di Jalan H Ilyas Terus Meluas dan Sudah Menyatu dengan Kawasan Sekitar Rumah Sekda Bengkalis

Petugas di lapangan berjibaku memadamkan api.

Senin, 04 April 2016 20:42 WIB
BENGKALIS, POTRETNEWS.com - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Jalan H Ilyas, Desa Airputih, Kecamatan Bengkalis, terus meluas dan sudah menyatu dengan kebakaran yang terjadi di Jalan Lintas Airputih-Bantan atau samping rumah sekretaris daerah (sekda). Akibatnya, kebun sawit dan pondok-pondok petani kini mulai terancam. Kepal BPBD-Damkar Kabupaten Bengkalis, Muhammad Djalal melalui Kabid Damkar, Suiswantoro, Senin (4/4/2016) mengabarkan, kondisi karhutla terus membesar dan kini mengarah perkebunan sawit dan pondok-pondok pemilik kebun.

Dikatakan, regu pemadam yang diturunkan berusaha sekuat tenaga agar api tidak sampai meluluhlantakkan perkebunan sawit dan pondok-pondok petani. ''Regu pemadam sudah berada di lokasi, sekarang sedang membentang slang-slang air untuk mencegah agar api tidak sampai membakar lahan sawit dan pondok petani. Sumber api dari lokasi kebakaran sekitar 400 meter,'' sebut Suiswantoro.

Kondisi cuaca yang cukup panas ditambah hembusan angin membuat langkah-langkah pemadaman sulit dilakukan, terlebih sumber air dari lokasi kebakaran sangat jauh. ''Target utama kita menyelamatkan pondok-pondok milik petani juga lahan perkebunan produktif milik masyarakat,'' sebut Suis lagi.

Ditanya lokasi kebakaran lainnya, menurut Suis, karhutla di Desa Kembungbaru perbatasan dengan desa Pematang Duku Timur ditangani oleh RPK PT RRL, kendati karhutla belum bisa dipadamkan total. ''Sedangkan kebakaran di lokasi perkuburan juga di Desa Kembungbaru sudah berhasil kita jinakkan,'' ujarnya. ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
GoRiau.com

wwwwww