Bolu Kemojo Tertinggi di Indonesia Pecahkan Rekor Muri, Yono dan Tim Puas…

Bolu Kemojo Tertinggi di Indonesia Pecahkan Rekor Muri, Yono dan Tim Puas…

Senior Manager Muri Awan Rahargo (kiri), menyatakan bolu kemojo yang dibuat di Alam Mayang Pekanbaru merupakan tertinggi di Indonesia. (foto: ilham)

Minggu, 03 Januari 2016 22:47 WIB
Agus
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Keberhasilan pembuatan kue tradisional Melayu, bolu kemojo yang disusun menjadi replika gunung setinggi 10 meter, berhasil memecahkan rekor Muri (Museum Rekor Indonesia). Tak pelak, kesuksesan ini membuat kebanggaan Pengelola Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru Drs Riyono Gede Trisoko beserta timnya. Pemecahan rekor Muri memang dilakukan di areal itu.

Senior Manager Muri, Awan Rahargo seusai menyerahkan piagam kepada Yono menyebut, hal ini merupakan bentuk apresiasi prestasi superlatif karsa dan karya yang Muri yakini sebagai penyaluran semangat yang berkobar dari warga Riau.

”Hari ini Muri mencatat pembuatan karya gunungan bolu kemojo tertinggi di Indonesia, yang dirangkai dengan fondasi rangka 10 meter, menghabiskan 3 ribu lebih bolu kemojo khas riau, dengan bangga Muri mencatat ini sebagai rekor,” kata Awan.

Dia juga mengatakan, agar warisan kuliner Nusantara tetap lestari dan terjaga, Muri mencatatnya sebagai rekor dengan nomor 7279 dalam pembuatan karya dan karsa gunungan bolu kemojo tertinggi di Indonesia.

Dalam percakapan dengan potretnews.com, Minggu (3/1/2016), Yono, demikian pria itu akrab disapa, mengemukakan, agenda tersebut sengaja dibuat untuk, membantu dan menyukseskan Riau The Homeland of Melayu sebagai budaya nasional.

Bukan hal yang mudah untuk membuat kue raksasa apalagi dalam konteks pemecahan rekor. Untuk membuatnya menjadi sempurna, diperlukan waktu dua malam tiga hari dan untuk memasak bolunya kita lakukan selama 50 jam non stop.

Tim kerja yang bertungkus lumus mengerjakannya berjumlah 28 orang yang berasal dari Yon Paskhas 462 Pulanggeni, pelajar SMK 3 Pekanbaru Jurusan Pasiteri dan Anggota Panjat Tebing Indonesia.

Dia merinci, bahan membuat bolu kemojo itu membutuhkan setengah ton tepung, 5000 butir telur, 125 kg gula dan 100 kg mentega yang menghasilkan 3 ribu lebih bolu kemojo.

”Pemecahan rekor ini merupakan keberhasilan tim dan bentuk kecil dukungan terhadap Pemerintah Provinsi Riau. Mudah-mudahan, bolu kemojo yang merupakan kuliner budaya daerah dapat menjadi budaya yang menasional,” ujar Yono. ***

(Mukhlis)
Kategori : Pekanbaru, Peristiwa
wwwwww