Home > Berita > Riau

Pemred potretnews.com Saun Achmad Saragih Terima Anugerah Press Card Number One 2011

Pemred <i>potretnews.com</i> Saun Achmad Saragih Terima Anugerah <i>Press Card Number One 2011</i>

Sertifikat Press Card Number One (Kartu Wartawan Utama Nomor Satu).

Rabu, 09 Februari 2011 23:48 WIB
Redaksi
KUPANG, POTRETNEWS.com - Puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2011 yang dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), ditutup dengan diberikannya anugerah dan penghargaan terhadap insan pers di Tanah Air yang berprestasi.
Dari banyak kategori yang diberi penghargaan dan anugerah, Pemimpin Redaksi (Pemred) Koran Online potretnews.com Saun Achmad Saragih, menjadi salah satu dari sejumlah penerima anugerah untuk Penganugerahan Kartu Wartawan Nomor Satu 2011 (Press Card Number One [PCNO] 2011).

Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh Ketua Dewan Pers Bagir Manan kepada para penerima penghargaan. Selain Saragih, para wartawan senior lainnya pun mendapatkan penghargaan serupa, di antaranya adalah Marah Sakti Siregar (Cek & Ricek/DKI Jakarta), Budiarto Shambazy (Kompas/DKI Jakarta), Karim Paputungan (Rakyat Merdeka/DKI Jakarta), HA Ronny Simon (Pemred SK Gebrak/Sumatera Utara), M Ridlo Eisy (Pikiran Rakyat/Galamedia/Jawa Barat), Asro Kamal Rokan (LKBN ANTARA/Jurnal Nasional/DKI Jakarta), dan Atal S. Depari (Harian Tabengan/Kalteng).

Dari Riau, selain Saragih, figur lain yang mendapat anugerahs serupa yakni H Muslim Kawi (Ombudsman Riau Pos/mantan Ketua PWI Cabang Riau), H Muljadi (Harian Suara Pembaruan), dan H Makmur Hendrik (SKM Genta).

”PCNO diberikan kepada insan pers yang dinilai memiliki jasa dalam pengembangan dunia pers. Mereka adalah orang-orang yang memiliki dedikasi, integritas, dan profesionalisme di dunia pers. Para penerima berasal dari sejumlah media massa, baik cetak maupun elektronik, serta tokoh yang aktif di organisasi wartawan," kata Ketua Umum PWI Pusat sekaligus Penanggung Jawab Hari Pers Nasional (HPN) 2011, Margiono.

Beberapa kriteria penerima PCNO adalah setidak-tidaknya menghasilkan karya jurnalistik yang diakui di tingkat nasional terlebih lagi internasional; menghasilkan karya jurnalistik bermutu, berupa tajuk, tulisan, foto/video berita dan karikatur; secara konsisten setidaknya dalam kurun waktu 25 tahun.

Selain itu, penerima PCNO juga diberikan kepada pelopor pengembangan genre jurnalistik di Tanah Air. Misalnya, jurnalistik investegasi, sastrawi presisi, entertaimen, olahraga, remaja, televisi, radio dan digital.

Mereka juga secara konsisten berkontribusi memajukan jurnalistik Indonesia melalui gagasan dalam tulisan, atikel, atau buku jurnalistik; secara konsisten berkontribusi membela kemerdekaan pers lewat gagasan karya dan kiprahnya; secara konsisten berkontribusi memajukan sumber daya manusia (SDM) pers Indonesia melalui keterlibatan pribadi, organisasi, lembaga, atau maupun dalam melakukan pelatihan. PCNO mulai diberikan komunitas HPN pada 2010.

Catatan potretnews.com, Saun Achmad Saragih sebelum menjadi wartawan Harian Sinar Indonesia Baru pada 1983-1999, dikenal sebagai penulis artikel di sejumlah media massa terkemuka seperti Harian Pikiran Rakyat Bandung, Harian Mimbar Umum, Harian Analisa, dan Harian Waspada.

Pria kelahiran Simalungun 3 Juli 1952 ini, sebelum mengendalikan keredaksian potretnews.com, pernah menjadi Direktur/Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Tabloid Mediator & Solusi dan sempat juga menjabat Pemimpin Redaksi/Penanggung Jawab Tabloid Tirai.

Buah konsistensi sebagai wartawan, ayah 4 anak ini menjadi ”langganan” juara lomba karya tulis antarwartawan di era 90-an, yang setiap tahun diselenggarakan Pemerintah Provinsi Riau, saat gubernur dijabat Soeripto.

Di sela-sela aktivitas jurnalistiknya, dari sejak muda, suami dari Nurliana ini telah bergabung sebagai Anggota Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Di PWI Cabang Riau, dia tercatat sebagai anggota yang menjadi pernah pengurus dengan periode yang tidak terputus. Dimulai dari ketua seksi hankam (pengurus pleno), wakil ketua cabang (pengurus harian), anggota dewan kehormatan daerah (DKD), hingga sekretaris DKD.

Selain mendapatkan sertifikat, Saun Achmad Saragih dan penerima lainnya diberikan Press Card Number One (Kartu Wartawan Nomor Satu) dan pin emas.  ***

Kategori : Riau, Umum, Peristiwa
wwwwww