Resep Nasi Lemak, Makanan Enak Khas Riau yang Populer

Resep Nasi Lemak, Makanan Enak Khas Riau yang Populer

Ilustrasi nasi lemak.

Sabtu, 02 Januari 2016 21:00 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Nasi lemak, jenis makanan khas Suku Melayu yang lazim ditemukan di Malaysia di mana hidangan ini dianggap sebagai salah satu hidangan nasionalnya dan Indonesia (khususnya di Riau dan Kepulauan Riau). Bahkan nasi lemak ini pun dapat ditemukan di Singapura dan Brunei. Makanan ini biasanya dihidangkan untuk sarapan pagi.

Nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk memberikan citarasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan ketika nasi lemak dimasak untuk menambahkan aromanya.

Istilah lemak dalam Bahasa Melayu atau lamak dalam Bahasa Minangkabau merujuk kepada rasa dan tekstur gurih berminyak yang dihasilkan santan kelapa yang melepaskan kandungan lemak nabatinya ke dalam nasi yang tengah ditanak.

Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur (yang direbus, digoreng mata sapi, atau didadar), irisan mentimun, ikan bilis atau teri goreng, dan sambal, cabai. Tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk-pauk seperti tempe, tahu, petai, kacang tanah goreng, kacang panjang, sate, daging, ayam, sotong, cumi-cumi, udang, kerang, ikan, limpa, dan ataupun hati sapi, yang juga sering disertai juga dengan parutan kelapa.

Kini nasi lemak banyak dijajakan di rumah makan, warung, jajanan pinggir jalan, maupun oleh penjaja makanan keliling. Nasi Lemak lazim disebut dengan nama demikian di Semenanjung Malaya, Sumatera, Singapura dan Brunei.

Sementara di Jakarta hidangan yang mirip nasi lemak dikenal dengan nama nasi uduk sedangkan di Jawa Tengah dengan nama sega liwet atau nasi liwet. Di Aceh hidangan yang mirip nasi lemak disebut nasi gurih. Sedangkan di Medan hidangan yang mirip nasi lemak namun dalam porsi bungkusan yang lebih kecil dan sedikit disebut nasi perang.

Nasi lemak awalnya bukanlah satu makanan sarapan sehari-hari pada umumnya. Kebiasaan memakan nasi lemak dimulai sebagai suatu bekal makanan kepada petani-petani padi ataupun para pekerja perkebunan seperti karet, kelapa sawit, sayur-sayuran dan lain-lain.

Nasi lemak dikatakan tidak begitu sehat untuk dimakan sehari-hari karena dinilai tinggi kalori dan kadar lemaknya oleh pakar makanan. Bahkan kini di Malaysia nasi lemak hanya diperbolehkan dijual di sekolah-sekolah hanya dua kali seminggu untuk mencegah masalah kegemukan dan diabetes yang semakin meningkat di kalangan anak-anak. Berikut resep nasi lemak, makanan enak khas Riau:

Bahan Utama
1 kg beras putih / bisa menggunakan beras pandan wangi
1/2 liter santan kental
Bahan Bumbu
130 gram bawang merah
Bahan pelengkap
Rendang
Sambal goreng ikan bilis
Kripik Tempe
Tahu tauco
Sambal
Mentimun
Acar
Tumisan

Cara membuat bumbu:
Haluskan terlebih dahulu bawang merah dan juga bawang putih kemudian , goreng.
Cara membuat nasi lemak:
1. Pertama-tama cuci beras hingga bersih, kemudian tiriskan
2. Selanjutnya panaskan dandang hingga mendidih, kukus beras tadi hingga matang
3. Lanjutkan dengan memanaskan wajan yang telah diberi minyak
4. Lalu masukan daun dalam dan juga serai hingga wangi, lanjutkan dengan menambahkan bawang merah dan putih yang sudah digoreng sebentar saja, apabila sudah wangi maka tambahkan santan
5. Aduk-aduk hingga merata dan berikan air sedikit saja, agar santan tidak terlalu kental
6. Kemudian masukan beras yang telah dikukus tadi ke dalam bumbu, aduk kembali hingga rata
7. Terakhir masukan beras yang sudah tercampur dengan bumbu ke dalam dandang, kukus hingga matang. Kurang lebih 25-30 menit.

Sumber:
https://indonesiana.merahputih.com/

(Mukhlis)
Kategori : Wisata
wwwwww