PotretNews.com Selasa 20 November 2018

Ditemukan Dua Bule, Air Terjun Madakaripura Indah Sekaligus Magis

Ditemukan Dua Bule, Air Terjun Madakaripura Indah Sekaligus Magis

Air Terjun Madakaripura.

Senin, 14 September 2015 06:35 WIB
DI BAWAH kaki Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura menyambut para wisatawan dengan keindahan dan sekaligus kemagisannya. Terletak di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Probolinggo, Jawa Timur, Air Terjun Madakaripura merupakan tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Di tempat ini pula, beliau berhasil mendapatkan dua ilmu saktinya, yakni Saipi Angin dan Aji Mundri. Informasi itu diperoleh merdeka.com ketika berbincang dengan Pak Suhardi, salah satu sesepuh yang tinggal di sekitar air terjun.Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya.

"Di mana-mana kering, di daerah sini nggak mungkin kekeringan," pungkas Suman, salah seorang pemandu wisata di Air Terjun Madakaripura kepada merdeka.com (29/8).

Suman juga menambahkan bahwa debit air terjun ini cenderung stabil, tak terkecuali di musim kemarau sekali pun. Warga sekitar pun turut menikmati air dari Air Terjun Abadi ini melalui pipa-pipa yang dibangun oleh Pemkab Probolinggo.

Ads
Air Terjun Madakaripura dibuka pada tahun 1986, setelah dua bule (pria dan wanita) datang ke air terjun tersebut bersama anjing peliharaan mereka. Penasaran dengan apa yang mereka lakukan, warga setempat pun bertanya kepada dua bule itu tentang apa yang sebetulnya mereka cari.

Dua bule itu mengatakan bahwa ada air terjun indah di lokasi tersebut, yang sudah sejak lama diketahui warga sekitar sebagai grojokan. Informasi itu kemudian sampai ke telinga pemerintah Kabupaten Probolinggo dan Air Terjun Madakaripura lantas dibangun sebagai salah satu obyek wisata di Probolinggo.

(Akham Sophian)
Kategori : Wisata
Sumber:Merdeka.com
wwwwww