Ketika Mobil tanpa Sopir Milik Google Disetop Polisi

Ketika Mobil tanpa Sopir Milik Google Disetop Polisi

Mobil tanpa sopir milik Google dihentikan oleh polisi karena berjalan terlalu lambat.

Jum'at, 13 November 2015 16:05 WIB
AMERIKA, POTRETNEWS.com - Sebuah mobil otomatis yang melaju tanpa sopir dihentikan dan dimintai keterangan oleh polisi di Mountain View, Amerika Serikat. Mobil milik Google tersebut dihentikan oleh polisi dengan alasan bergerak terlalu lambat. Seorang bernama Zandr Milewski memotret peristiwa tersebut dan mengunggahnya ke Facebook. Penilangan itu pun menjadi viral dan dikomentari oleh banyak orang.

Dalam foto hasil jepretan kamera Milewski terlihat seorang polisi sedang berdiri di samping mobil otomatis Google. Tampak polisi itu seolah-olah akan menilang pengendara.

Seperti dilansir KompasTekno dari Business Insider, Jumat (13/11/2015), pria itu mengatakan sempat bertanya kepada orang yang menumpang di mobil otomatis tersebut ketika polisi menghentikan laju kendaraan.

Menurut dia, polisi menghentikan mobil tersebut karena bergerak terlalu lambat. Saat mobil berhenti, sang penegak hukum cuma hendak bertanya mengapa mobil berjalan begitu lambat.

Ada kemungkinan bahwa Mountain View Police Department tidak memiliki kategori Neighborhood Electric Vehicle (NEV) untuk menyebut mobil otomatis itu.

NEV biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan kendaraan yang kemampuan geraknya sengaja dibatasi menjadi lebih lambat, misalnya pada mobil listrik atau mobil otomatis. Kendaraan buatan Google itu masih diuji coba sehingga kecepatannya dibatasi maksimal 40 km per jam.

Raksasa mesin pencari tersebut pun langsung menanggapi peristiwa ini melalui akun Google Plus khusus untuk Self-Driving Car Project.

"Kami ingin (mobil otomatis) terasa lebih ramah dan mudah didekati ketimbang membuatnya ngebut di jalanan. Namun, seperti yang terjadi pada petugas kepolisian ini, kadang memang ada orang yang menghentikan karena ingin tahu lebih lanjut mengenai proyek kami," tulis Google.

"Setelah 1,2 juta mil perjalanan mobil tanpa sopir (nilai ini setara dengan orang yang berpengalaman mengemudi selama 90 tahun), kami dengan bangga mengatakan tidak pernah ditilang," pungkasnya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Teknomotif
Sumber:Kompas.com
wwwwww