Panduan Lengkap Memulai Jualan di Blibli

Panduan Lengkap Memulai Jualan di Blibli
Selasa, 22 November 2022 13:08 WIB

Blibli merupakan salah satu platform ecommerce untuk kegiatan jual online. Berfokus pada penjualan B2C, B2B, dan B2B2C akan memberikan banyak opsi untuk model bisnis Anda.

Pengguna Blibli setiap bulan mencapai 15,69 juta. Angka yang besar untuk mengejar potensi keuntungan dari jual beli online.

Sebelum mulai mengais keuntungan, simak dahulu panduan berjualan online di Blibli.

Syarat menjadi seller Blibli

Agar Anda terdaftar menjadi seller Blibli perlu memenuhi kriteria dari Blibli Seller Center. Kriterianya adalah sebagai berikut

● Menjual produk asli

● Memiliki latar belakang usaha yang jelas

● Tersedia stok barang yang memadai

● Memiliki dokumen bisnis dan sertifikat

● Memiliki basis pelanggan yang terbentuk

● Reputasi baik di media sosial dan platform lain

● Memiliki informasi lengkap terkait produk yang dimiliki

● Tersedia sumber daya untuk operasional

Selain itu, jangan lupakan dokumen-dokumen sebagai syarat pendaftaran. Setiap jenis usaha
memiliki persyaratan beragam.

Dokumen perusahaan

● KTP

● NPWP

● Informasi perusahaan

● Nomor rekening

● Sertifikat UMKM

● Izin Usaha

● Dokumen Pemerintah

Pemilik Brand atau UMKM

● KTP

● NPWP (namun tidak wajib)

● informasi perusahaan

● Nomor Rekening

● Sertifikat UMKM

Penjual individu

● KTP

● NPWP (namun tidak wajib)

● Informasi perusahaan

● Nomor rekening

Cara berjualan di Blibli

Bagaimana cara jualan di Blibli. Anda dapat melakukan cara-cara berikut ini.

1. Menyediakan informasi seller

Pertama kali adalah mempersiapkan semua informasi seller ketika hendak berjualan di Blibli. Informasi tersebut berupa nama, email, password, nomor, hingga nama toko yang Anda daftarkan.

2. Menyertakan dan memasukkan nomor telepon

Selanjutnya, Anda memasukkan nomor smartphone, apakah itu nomor pribadi maupun
perusahaan. Gunakan seller pribadi untuk seller perorangan. Sementara gunakan nomor penanggung jawab untuk seller perusahaan.
Pastikan nomor yang Anda cantumkan aktif dan seluai. Jadi, pendaftaran dapat diverifikasi secara lebih mudah melalui kode ke nomor telepon.

3. Melengkapi informasi penjualan

Untuk memulai jual online di Blibli perlu melengkapi informasi penjualan. Ada tiga informasi yang perlu dilengkapi.
Pertama, lengkapi informasi tentang toko atau gudang. Kedua, informasi pembayaran dan masalah legalitas. Ketiga, upload produk yang ingin dijual di toko online.

4. Mempersiapkan dokumen seller

Persiapkan dokumen dan berkas-berkas yang diperlukan. Untuk menjadi seller, Anda perlu menyiapkan dokumen nomor rekening yang valid.
Sebagai penjualan perorangan, sediakan KTP dan NPWP. Seandainya tidak memiliki NPWP, cukup isi kolom dengan nomor dan foto KTP untuk sementara.
Seler perusahaan perlu menyiapkan KTP direksi, NPWP perusahaan, Akta Pendirian + SK Menkeh, Akta Perubahan, SIUP, TDP, dan surat domisili.

Kelebihan jualan di Blibli

Keuntungan apa saja yang Anda dapatkan apabila Anda memilih platform ini untuk jual online.

1. Tambahkan User PIC

Anda dapat menambahkan user PIC untuk mengelola toko online di Blibli. Lewat platform ini, tidak ada batasan untuk menambahkan user. Anda tidak dikenakan biaya tambahan apapun.
Anda dapat menambahkan user PIC yang sesuai dengan kebutuhan toko online.

2. Foto produk gratis

Jualan online membutuhkan foto produk yang jeas untuk mendeskripsikan lengkap kepada pelanggan. Blibli menyediakan jasa foto produk gratis apabila Anda belum menyiapkan foto produk.

Proses foto produk dilakukan oleh fotografer profesional dan dapat memakai fashion model jika dibutuhkan. Pengerjaan foto produk dilakukan di Kantor Blibli Jakarta. Sehingga, Anda perlu mengirim produk jualan Anda ke kantor Blibli.
Hasil foto produk akan dikirimkan oleh bagian Business Representative Blibli kepada seller. Namun, hasil foto tidak boleh digunakan dalam media lain secara offline atau online.

Jika ingin memakai hasil foto produk dari Blibli untuk media lain, Anda dapat memakai jasa foto berbayar dari Blibli.

3. Pilihan pengiriman beragam

Seller memiliki banyak jasa kirim untuk memproses pesanan sampai ke pelanggan. Dalam hal ini, Anda dapat memilih jenis pengiriman instan dengan layanan dari GOSEND, GRAB, EXPRESS, dan JNE YES.

Selain itu, Anda diperbolehkan untuk aktivasi tipe pengiriman lain untuk menyediakan pilihan delivery tambahan bagi customer.

4. Gratis ongkir dan asuransi

Blibli menyediakan layanan gratis ongkir dan tambahan asuransi pengiriman pesanan. Inilah salah satu keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Ongkos kirim pesanan akan ditanggung oleh Blibli apabila memakai layanan reguler dan no shipment.

Jadi, Anda tidak perlu membayar ongkir ke pihak JNE & Sicepat untuk dropship maupun logistic untuk menjemput paket. Selain itu, pesan yang dikirimkan terjamin keamanannya. Sebab, pengiriman Blibli sudah diasuransikan secara otomatis.

Apabila Anda memiliki masalah pengiriman, Blibli akan membantu proses klaim asuransinya.

5. Training dan E-learning

Kemampuan berjualan Anda dapat ditingkatkan karena Blibli menyediakan layanan training dan e-learning. Layanan ini disediakan oleh pihak Blibli University dalam bentuk training offline dan webinar.

Dengan demikian, Anda dapat mempraktikkan ilmu yang sudah dipelajari dan mampu mengelola toko online dengan lebih maksimal.

Selain itu, Anda dapat berdiskusi seputar cara berjualan di Blibli dan “Pusat Edukasi” dari Blibli Seller Center. Bahkan dapat menonton rekaman tutorial kapanpun dan dimanapun.

6. Analisis Produk

Fitur dari Blibli ini memungkinkan Ada melakukan analisa produk dengan kompotiroe. Caranya dengan memilih menu “Laporan” lalu klik “Analisa.

Nantinya, Anda mendapatkan informasi untuk mengetahui peluang yang dapat dimanfaatkan untuk mengoptimalkan jualan Anda di Blibli. ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww