Persiapkan Dana Pensiunmu dengan Baik, Ikuti Tips Berikut Ini!

Persiapkan Dana Pensiunmu dengan Baik, Ikuti Tips Berikut Ini!

Sumber: Unsplash.com/ pinkomelet

Kamis, 17 Februari 2022 16:36 WIB

Pernahkah terpikirkan olehmu untuk pensiun di usia muda? Walaupun begitu kamu tetap akan pensiun saat waktunya tiba. Untuk tetap bisa hidup nyaman dan cukup setelah pensiun, kamu tentu harus menyiapkan sejumlah dana yang cukup untuk menghidupi dirimu sendiri dan keluarga. Maka dari itu, pintar-pintarlah mengatur keuanganmu mulai dari sekarang untuk kenyamanan di masa depan.

Ada banyak cara untuk menyiapkan dana pensiun sejak dini sebelum terlambat. Caranya cukup mudah, hanya dengan menggunakan ponsel seperti HP Realme dan unduh aplikasi menabung online terpercaya. Bagi kamu yang masih belum bisa mengatur keuangan, tidak ada lagi alasan tidak menabung. Masih bingung cara menyisihkan uang apalagi untuk dana pensiun? Simak tips mudah untuk menyiapkan dana pensiun berikut ini yang bisa kamu ikuti.

1. Tentukan Ingin Pensiun di Usia Berapa
Cara pertama untuk menyiapkan dana pensiun ialah kamu harus tahu di umur berapa kamu berencana untuk pensiun. Dengan mengetahui secara spesifik, kamu tentu bisa memperhitungkan berapa besaran kasarnya dan berapa yang harus kamu sisihkan per bulan. Beberapa orang akan menyisihkan setidaknya 10% dari gaji mereka untuk menabung dana pensiun. Namun, kembali lagi dengan kemampuan dan seberapa jumlah dana pensiun yang sudah kamu perhitungkan sebelumnya.

2. Belajar Mengurangi Sikap Konsumtif
Sifat satu ini sering kali dijadikan bentuk penghargaan pada diri sendiri setalah melakukan hal yang cukup berat bagimu. Membeli banyak barang ataupun makanan biasanya kamu lakukan untuk memenuhi reward yang kamu inginkan. Tanpa sadar, perilaku tersebut malah berakhir dengan sifat konsumtif. Mulai sekarang, cobalah untuk mengurangi kebiasaan konsumtif tersebut. Caranya adalah dengan lebih selektif dalam membeli barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Dengan begitu kamu bisa menyisihkan uang untuk dana pensiun.

3. Pisahkan Dana Pensiun dengan Dana Lainnya
Mengatur keuangan pastinya tidak mudah, dilihat dari berbagai dana atau cicilan hutang yang mungkin kamu miliki. Dari deretan dana yang ada, harus dipastikan dana darurat dan dana pensiun harus selalu ada dalam pembagian penghasilan yang kamu miliki. Dana darurat berguna untuk kebutuhan jangka pendek jika sewaktu-waktu kamu butuh uang tambahan untuk kasus tertentu, entah itu sakit atau bepergian yang di luar perkiraan. Ingat, dana darurat harus selalu digunakan saat darurat saja.
Dana pensiun sendiri merupakan dana yang berguna untuk jangka panjang. Kehidupanmu di masa tua nanti bisa jadi ditentukan dari seberapa konsisten kamu mengumpulkan dana tersebut. Semakin kamu rajin dan konsisten mengumpulkannya, kemungkinan besar kamu akan lebih nyaman saat hidup di masa depan. Keuntungan itulah yang mendorong banyak orang untuk membuat dana pensiun.

4. Tentukan Tempat Dana Pensiun Dialokasikan
Dana pensiun sebenarnya bisa ditabung sendiri, tapi banyak orang lebih memilih untuk diinvestasikan. Cara tersebut dinilai lebih memberikan keuntungan untuk mereka di masa depan. Dikutip dari laman Kompas Money, ada beberapa jenis investasi yang bisa kamu jadikan pilihan.

• Deposito: Investasi dengan cara ini terbilang aman karena berada di awasi langsung oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selama kamu mengikuti protokol dengan mencairkannya pada waktu yang tepat, instrumen investasi ini cukup menguntungkan.
• Properti: Investasi ini sedang digandrungi banyak orang karena dilihat dari permintaan properti yang semakin naik seiring berjalannya waktu. Namun, jika kamu ingin mencairkannya, aset ini biasanya tidak bisa dijual dalam waktu singkat karena harganya yang cukup tinggi.
• Emas: Menyimpan emas untuk dijadikan investasi memang pilihan yang bagus. Hal ini karena produksi emas yang sering kalah besar dengan permintaan pelanggan yang tinggi sehingga tidak heran kalau emas jadi salah satu jenis investasi.
• Reksa dana: Investasi jenis ini sempat booming akhir-akhir ini. Pasalnya banyak yang memilih investasi di reksa dana karena prosedurnya yang mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Investasi ini dipercayakan pada fund manager terpercaya dan dalam pengawasan OJK. Sistemnya yaitu menghimpun dana dari banyak investor, kemudian dana tersebut akan dialokasikan ke berbagai instrumen dan nasabah akan mendapat keuntungan dari situ.
• Obligasi: Sering disebut surat utang, obligasi ini biasanya diterbitkan oleh instansi pemerintahan atau perusahaan. Sederhananya, kamu yang membeli obligasi ini berposisi sebagai investor, sedangkan instansi pemerintahan atau perusahaan itu sebagai debitur. Investasi ini masuk ke dalam investasi jangka panjang, di mana kamu akan mendapatkan keuntungan dan dapat dicairkan sesuai tanggal tempo yang sudah ditentukan.
• Saham: Investasi saham mungkin sering kamu dengar. Walaupun dikenal sebagai investasi dengan risiko tertinggi karena bergantung pada performa pasar saham, investasi ini menawarkan return yang tinggi sehingga menarik perhatian banyak orang.
Itu dia langkah-langkah yang bisa kamu ambil dalam upaya mempersiapkan dana pensiun. Pada awalnya mungkin kamu akan sedikit kesulitan, tetapi seiring berjalannya waktu kamu pasti akan mulai menikmatinya. Yuk, mulai bijak mengatur keuangan dan persiapkan dana pensiun sebaik-baiknya!

Kategori : Serbaneka
wwwwww