Perhatikan Tips Ini Sebelum Pinjam Uang di Bank

Perhatikan Tips Ini Sebelum Pinjam Uang di Bank

(Cermati.com)

Selasa, 15 Juni 2021 14:06 WIB

Selama ini, pinjaman bank menjadi solusi yang banyak diambil masyarakat untuk menyelesaikan permasalahan kebutuhan dana. Meski begitu, meminjam uang di bank ternyata juga tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada banyak sekali hal yang harus Anda persiapkan. Pastikan tidak salah mengambil langkah dan menyesal di kemudian harinya.

Ketika Anda sudah yakin ingin mengajukan pinjaman bank, pastikan Anda sudah mengerti konsekuensi yang akan Anda hadapi nanti. Termasuk kewajiban Anda untuk membayar cicilan tiap bulannya. Inilah beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar pinjaman bank bisa berjalan lancar dan tanpa kendala.

Tips Sebelum Mengajukan Pinjaman Bank

1. Untuk Hal Apa Anda Meminjam Uang?

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15062021/potretnewscom_567ru_2144.jpg(Kreditpintar.com)

Hal pertama yang harus Anda pikirkan dengan matang adalah untuk tujuan apa Anda ingin meminjam uang. Saat ini banyak orang yang kurang bijak dalam melakukan pinjaman bank. Dimana mereka menggunakan uang pinjaman tersebut untuk hal-hal tidak begitu penting. Seperti untuk membeli barang-barang mahal yang sebenarnya bukan kebutuhan pokok.

Meskipun banyak orang yang beranggapan bahwa membeli sesuatu dengan uang hasil pinjaman bukan hal yang salah. Tapi sangat disayangkan jika Anda harus meminjam uang hanya demi menuruti gaya hidup yang glamour. Sebaiknya, ketika Anda memutuskan untuk meminjam uang di bank gunakan untuk hal-hal mendesak. Seperti biaya pengobatan keluarga atau untuk modal usaha. Anda harus menggunakan uang pinjaman bank dengan bijak.

2. Carilah Informasi Tentang Bank Tersebut

Ketika Anda sudah yakin melakukan pinjaman di bank. Sebaiknya tidak langsung melakukan pengajuan pinjaman. Anda sebaiknya mencari informasi terlebih dulu mengenai bank tersebut. Cari informasi tentang program pinjaman apa saja yang mereka sediakan. Akan lebih baik jika Anda mencari informasi dari beberapa bank.

Lalu kemudian bandingkan bank mana yang memiliki program pinjaman yang paling unggul. Pastikan bank tersebut merupakan bank resmi yang memiliki izin beroperasi dari OJK dan memiliki kredibilitas yang baik. Anda juga harus mempelajari syarat dan ketentuan yang diberlakukan. Jangan asal melakukan pinjaman sebelum Anda mengetahui kebijakan yang ditetapkan oleh bank tersebut.

3. Ketahui Bunga Pinjaman

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15062021/potretnewscom_9pa7e_2143.jpg(Corporatefinanceinstitute.com)

Mengetahui bunga pinjaman dari bank yang Anda pilih menjadi hal paling penting yang harus Anda pastikan sebelum melakukan pinjaman bank. Setiap bank memiliki regulasi dan besaran bunganya tersendiri untuk program pinjaman yang mereka tawarkan. Pastikan bahwa bunga pinjaman tersebut tidak memberatkan Anda dan sesuai dengan penghasilan yang didapatkan.

4. Perhatian Jangka Waktu Pinjaman

Selain bunga pinjaman, jangka waktu pengembalian atau tenor juga harus menjadi pertimbangan. Semakin lama tenor yang diberikan biasanya akan semakin besar pula bunga pinjaman yang harus dibayar. Oleh sebab itu Anda harus mempertimbangkan dengan bijak ketika memiliki jangka waktu pengembalian pinjaman.

5. Cari Tahu Prosedur Pencairan Pinjaman

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/15062021/potretnewscom_wc97g_2145.jpg(Financeandloans.org)

Ada beberapa bank yang memiliki mekanisme yang cukup berbelit-belit dalam proses pencairan uang pinjaman. Maka dari itu, cari tahu seperti apa mekanisme pencairan pinjaman di bank tersebut. Untuk menghindari Anda dari kesulitan ketika melakukan pencairan pinjaman. Apalagi jika digunakan untuk kebutuhan yang mendesak, tentunya harus segera cair.

Tips tersebut bisa Anda lakukan sebelum memutuskan melakukan pinjaman bank. Perlu Anda ingat juga bahwa mengajukan pinjaman bank memerlukan jaminan. Jadi pastikan Anda sudah mempersiapkan jaminan tersebut. Tidak hanya pinjaman di bank, kebutuhan dana cepat kini bisa Anda dapatkan melalui aplikasi pinjaman online Tunaiku.

Anda bisa mengajukan pinjaman hingga 20 juta tanpa jaminan di Tunaiku. Tentunya jumlah yang cukup besar untuk jenis pinjaman tanpa jaminan. Bunga pinjaman juga sangat ringan. Anda bisa melakukan simulasi pinjaman di aplikasi Tunaiku untuk mengetahui cicilan tiap bulannya.

Jangka waktu pinjaman atau tenor di Tunaiku mulai dari 6 bulan hingga 20 bulan. Anda bisa memilih waktu tenor sesuai dengan kemampuan Anda. Proses pengajuan pinjaman juga sangat mudah. Anda cukup duduk di rumah saat melakukan pengajuan melalui aplikasi atau website resmi Tunaiku. ***

Kategori : Serbaneka
wwwwww