Karmila Purba, Joki Balap ”Tong Setan” Asal Pematangsiantar yang Hebohkan Dunia Usai Disorot Koran Inggris ”The Guardian”

Karmila Purba, Joki Balap ”Tong Setan” Asal Pematangsiantar yang Hebohkan Dunia Usai Disorot Koran Inggris ”The Guardian”

Karmila Purba saat beraksi mengendarai sepeda motor dengan berani di dalam Tong Setan.

Senin, 22 Agustus 2016 02:11 WIB
PEMATANGSIANTAR, POTRETNEWS.com – Perkenalkan, inilah srikandi asal Sumatera Utara yang menyedot perhatian dunia internasional. Melalui aksinya sebagai joki balap motor ”Tong Setan” atau Devil’s Barrel dalam karnaval tradisional di sebuah pasar malam keliling jadi dikenal dunia. Dialah Karmila Purba, perempuan pemberani asal kota Pematangsiantar. Di usianya yang masih tergolong muda, 18 tahun, Karmila sudah melakoni pekerjaan sebagai joki balap keliling untuk mencari rezeki halal.

Namun yang membuat dia cukup unik adalah jarang seorang wanita mau mengemban pekerjaan yang lebih didominasi oleh kaum pria. Hal ini lah yang melatarbelakangi Dedi Sinuhaji yang kini bekerja pada European Pressphoto Agency (EPA).

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/22082016/potretnewscom_r8ftl_492.jpg
Aksi Karmila saat menyambar uang yang diberikan oleh penonton atas aksinya.

Berkat jasa Dedi-lah Karmila bisa dikenal oleh dunia internasional, banyak media luar negeri memuat berita tentangnya. Kendati telah putus sekolah dan pernah bergabung dengan anak jalanan, sosok Karmila telah cukup menarik perhatiannya.

"Karmila Purba, an 18-year-old female motorbike rider, draws crowds of spectators as she performs in a show known locally as ‘Tong Setan’, or Devil’s Barrel," tulis TheGuardian. (Karmila Purba seorang pembalap perempuan sepeda motor berusia 18 tahun, menarik perhatian kerumunan penonton saat dia tampil di sebuah pertunjukan lokal 'Tong Setan' atau Devil’s Barrel).

Sementara itu agensi berita EFE milik pemerintah Spanyol menulis:

"The crowds at the traditional night carnival in Deliserdang, North Sumatra, marvel at the daredevil motorbike riders who each night perform daring stunts inside a barrel known as 'Tong Setan', or 'Devil's Barrel'."

(Penonton dalam karnaval tradisional di Deliserdang, Sumatera Utara, mengagumi pembalap sepeda motor pemberani yang tampi setiap malam sebagai joki di dalam tong/barrel yang dikenal sebagai 'Tong Setan' atau Devil's Barrel).

Sebelumnya Dedi telah melakukan penjajakan terhadap sosok Karmila, dia mengaku telah mendengar namanya sewaktu tampil di Siantar. Namun karena keterbatasan waktu, dia tidak punya kesempatan untuk mengenal sosoknya.

Barulah setelah Karmila, tampil di Deliserdang, Dedi bisa berkesempatan bertemu dengannya. "Awalnya teman fotografer yang memberitahu dia sedang main di 'Tong Setan' aku tanya, dia main di mana? 'Di Marendal katanya', ku bilang mantab nih," katanya. ***

Editor:
Wawan Setiawan

Sumber:
Tribunnews.com

Kategori : Serbaneka
wwwwww