PotretNews.com Minggu 22 April 2018

Dr Ridwan Sani: Orang Tua Menjadi Role Model dalam Pendidikan Anak

Dr Ridwan Sani: Orang Tua Menjadi Role Model dalam Pendidikan Anak

Foto bersama usai bedah buku.

Jurnalisme Warga
Jum'at, 19 Februari 2016 20:18 WIB
MEDAN, POTRETNEWS.com - Pendidikan pada anak usia dini menjadi sebuah keniscayaan untuk membentuk karakter anak, dan Orang tua memiliki posisi yang cukup signifikan untuk menjadi role model dalam pendidikan anak.Hal ini terungkap pada acara bedah buku yang berjudul “Pendidikan Karakter: Mengembangkan Karakter Anak Yang Islami”, yang dilaksanakan pada Minggu (14/2/2016) yang mengambil tempat di Aula Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Utara (Sumut).

Acara yang diselenggarakan oleh penerbit Bumi Aksara bekerja sama dengan Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah Kota Medan dihadiri, Dr Ridwan Abdullah Sani MSi dan Muhammad Kadri SSi MSc. Sebagai penulis Prof Rosmala Dewi Guru Besar Unimed Bidang konseling dan Dr Muhammad Ridwan Umar dari UIN Sumut Sebagai pembanding, Ketua Majelis Pendidikan dasar dan menengah (Dikdasmen) Muhammadiyah Kota Medan M. Yusuf, Praktisi Pendidikan, Dosen, Pengawas dan ratusan guru yang tersebar di kota Medan, Deli Serdang, Binjai, Langkat serta Serdang Bedagai.

Selain itu Ridwan Sani juga mengungkapkan bahwa ada semacam kekhwatiran pada saat ini apabila pendidikan pada anak tidak dilakukan secara tepat dan benar maka akan menimbulakan banyak ekses negative serta dapat merugikan diri, keluarga dan masyarakat. “bila kita lihat fenomena saat ini dimana generasi muda di Indonesia sangat jauh dari nilai-nilai religiusitas. Hal ini akan mengakibatkan dekadensi moral akan melanda bangsa ini, maka solusi yang paling baik adalah pola pendidikan anak harus dilakukan dengan tepat dengan melakukan pendidikan karakter yang Islami,” imbuh ridwan

Ads
Hal senada juga di ungkapkan oleh salah seorang pembanding Dr Muhammad Ridwan Umar salah seorang pembanding mengungkapkan bahwa, buku yang ditulis oleh Dr Ridwan Abdullah Sani MSi dan Muhammad Kadri SSi MSc memiliki subtansi yang cukup mumpuni untuk dapat diterapkan dalam pola pendidikan anak dengan mengutamakan pendekatan spiritual dan menanamkan pesan-pesan moral serta strategi pendidikan pada anak yang berdasarkan dalil Alquran dan sunah.

“Dalam buku ini dijelaskan secara gambling tentang bagaimana pola Rasullullah dalam mendidik anak dengan menggunakan metode keteladanan. Artinya setiap orang tua dan mendidik hendaknya dapat memberikan contoh yang baik dalam mendidik anak,” ungkap WD I Fakultas Ekonomi Islam UIN Sumatera Utara tersebut.

Ditambahkannya lagi bahwa buku ini juga membahas strategi yang sangat lengkap dalam mendidik anak secara Islami dan dilengkapi dengan contoh-contoh rasullullah dalam melakukan proses pembentukan karakter terhadap para putra serta anak-anaknya sehingga keteladannan yang dilakukan rosulullah mampu mengubah sikap dan perangai orang-orang yang phobia menjadi orang-orang yang mendudukung beliau.

“Bila kita analisa secara utuh Buku ini bahkan lebih baik dari buku – buku yang mengambil teori – teori pendidikan dari barat yang terkadang sangat jauh dari kondisi kearifan local yasng ada di masyarakat Indonesia, dan orang tua harus banyak belajar dari buku dan diskusi dalam pembentukan karakter anak, agar anak-anak yang dimiliki mampu memberikan prestasi dan mampu melawan dekadensi moral yang terjadi saat ini”, harap penulis aktif buku-buku nasional tersebut. ***

Penulis:
Irfandi

loading...
Kategori : Serbaneka
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww