Cerita Rasul tentang Hari Jumat dan Pasar Surga

Cerita Rasul tentang Hari Jumat dan Pasar Surga

Ilustrasi (naturehdwallpaper.com)

Jum'at, 11 Desember 2015 10:16 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Pernah dengar cerita tentang Pasar Surga? Beberapa hadis meriwayatkan tentang keberadaan Pasar Surga. Konon, di surga ada tempat untuk menukar wajah. Di tempat itu, jika para penghuni surga bosan dengan wajahnya, mereka dapat menukar wajahnya dengan wajah yang lebih rupawan sesuai dengan keinginan hati. Tempat itu bernama Pasar Surga. Dan Pasar Surga jatuh setiap hari Jumat, hari yang diistimewakan dalam Islam. Berikut beberapa hadis Rasulullah SAW yang menyebutkan tentang Pasar Surga.

Ali RA berkata bahwa Rasulullah pernah bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga terdapat pasar yang di dalamnya tidak ada pembeli dan penjual, kecuali beberapa bentuk (gambar-gambar) dari laki-laki dan perempuan. Ketika seseorang menginginkan bentuk (seseorang untuk dirinya), maka ia masuk di dalam pasar itu".

Dari Anas bin Malik RA berkata, "Sungguh di surga ada pasar yang didatangi penghuni surga setiap Jumat. Bertiuplah angin dari utara mengenai wajah dan pakaian mereka hingga mereka semakin indah dan tampan. Mereka pulang ke istri-istri mereka dalam keadaan telah bertambah indah dan tampan. Keluarga mereka berkata, “ Demi Allah, engkau semakin bertambah indah dan tampan, ‘ Mereka pun berkata, ‘kalian pun semakin bertambah indah dan cantik” (HR. Muslim No. 7234).

Di riwayat lain yang diceritakan oleh Abu Hurairah, tersirat gambaran Pasar Surga adalah sebagai berikut:

1. Dijaga oleh malaikat, namun bagi yang datang akan dipermudah pelayanannya oleh malaikat.

2. Sangat indah belum pernah terlihat mata, terlintas di hati atau terdengar telinga.

3. Apa saja yang kita inginkan (meski baru kepikiran) akan diantar secara gratis.

4. Merupakan tempat pertemuan para ahli (penghuni) surga. Penghuni surga dari posisi tinggi bisa berjumpa dengan posisi di bawahnya bahkan paling bawah sekalipun. Yang membedakan adalah pakaiannya. Akan tetapi mereka tidak mempersoalkan karena dalam surga yang nampak adalah segala keindahan, tak ada kesedihan.

5. Tempat berkumpulnya bidadari-bidadari. ***

Sumber:
[1] annida-online.com
[2] dream.co.id

(M Yamin Indra)
Kategori : Serbaneka
wwwwww