PotretNews.com Minggu 23 September 2018

Kisah Rayuan Maut Bung Karno yang Sukses Memikat Gadis 19 Tahun

Kisah Rayuan Maut Bung Karno yang Sukses Memikat Gadis 19 Tahun

Bung Karno dan Nemoto Naoko alias Ratna Sari Dewi. (foto: public domain).

Minggu, 22 November 2015 06:51 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Bung Karno berkenalan dengan Nemoto Naoko di Hotel Imperial, Jepang. Gadis sembilan belas tahun itu memikat hati.”Nona Nemoto berjumpa dengan presiden sebanyak dua kali di Hotel Imperial,” tulis Masashi Nishihara dalam The Japanese and Sukarno’s Indonesia. Sekembali ke Jakarta, melalui kedutaan besar Indonesia di Tokyo, Bung Karno dan Nona Nemoto saling berkirim surat bernada mesra.

Dalam surat tertanggal 18 Agustus 1959, Si Bung mengundang Nona Jepang itu berkunjung ke Indonesia selama dua minggu. Rayuan maut Bung Karno ampuh. Si Nona setuju. Pada 14 September 1959, ia berangkat ke Jakarta. Orang yang mengatur keberangkatan Nona Nemoto Naoko ke Indonesia adalah Masaya Kirisima.

Saksi Hidup
Dalam sebuah pertemuan dengan Kirishima, akhir 2014 lalu, pria berusia 83 tahun itu bercerita dalam bahasa Indonesia dialek Jepang…

Ads
Pertama, kan waktu itu pemerintah Jepang tidak bisa kasih passport. Atau izin. Tidak begitu gampang. Waktu itu passport tulis tujuan kemana? Misalnya Indonesia. Lain negara kita tidak bisa pergi. Datang ke Indonesia, lalu pulang ke Jepang. Tidak bisa ke Malaysia atau ke negara mana lagi… karena begitu sistemnya.

Waktu itu memang begitu sistemnya. Lantas, mau bawa uang banyak juga tidak bisa. Lima ratus dolar, bisa pergi. So, dia saya yang urus. Saya katakan dia sekretaris saya. Mau bawa ke Indonesia. Berhubung saya sendiri susah kerjanya.

Nah, dengan alasan itu dia dapat passport. Lantas bisa keluar negeri. Waktu itu saya bilang sama dia, besok kenakan baju putih. Kayak office lady lah. Jangan kayak…haha… macam-macam. Lipstick jangan terlalu merah.

Sesampai di Jakarta, mereka dijemput oleh Kolonel Sabur, ajudan pribadi Soekarno. Kirishima mengaku tidak tahu Nona Jepang itu dibawa ke mana, "kalau saya ke Hotel Darma Nirmala," katanya.***

(M Yamin Indra)
Kategori : Serbaneka
Sumber:Jpnn.com
Tour de Siak 2018
wwwwww