PotretNews.com Senin 24 September 2018

Oalah, di Kawasan Tambang Ini Ada Panti Pijat dan Karaoke

Oalah, di Kawasan Tambang Ini Ada Panti Pijat dan Karaoke

Tenda dan tempat pengolahan emas milik para penambang ilegal dibakar aparat saat upaya pengosongan kawasan tambang emas Gunung Botak dilakukan, Sabtu (14/11/2015).

Senin, 16 November 2015 06:28 WIB
NAMLEA, POTRETNEWS.com - Kawasan tambang Gunung Botak di Desa Wamsait Pulau Buru Maluku yang selama ini ramai dengan aktivitas penambangan ilegal seketika sepi. Hal itu setelah aparat gabungan TNI/Polri mengosongkan kawasan tersebut sejak Sabtu kemarin.Berdasarkan pantauan Kompas.com di kawasan penambangan Gunung Botak, Minggu (15/11/2015), tak ada lagi satu pun penambang yang ada di kawasan tersebut, para penambang telah turun sejak pagi sambil membawa barang-barang mereka. Di areal tambang Gunung Botak kini hanya tersisa tiga pos pengamanan dari Brimob dan TNI.

Setelah ditinggal pergi ribuan penambang, aparat langsung membakar tenda-tenda yang selama ini dijadikan tempat tinggal dan tempat usaha seperti rumah makan, warung kopi, tempat pijat dan karoke yang ada di kawasan itu.

Jumlah tenda yang dibakar mencapai ribuan buah, sementara ribuan tenda lainnya masih berdiri namun dalam keadaan kosong karena sudah ditinggal penghunnya.

Ads
Di kaki Gunung Botak yang tidak kalah ramainya aparat gabungan juga membongkar dan membakar ratusan tenda dan tempat pengolahan emas milik penambang ilegal. Hingga Minggu sore tadi warga masih mengemas barang-barang mereka untuk meninggalkan kawasan tersebut.

Pembakaran ribuan tenda dan tempat pengolahan emas para penambang ilegal ini membuat asap pekat langsung membumbung diudara hinga menyelimuti langit diatas kawasan Gunung Botak dan sekitarnya.

Ardin salah seorang penambang asal Sulawesi mengaku sangat kecewa dengan aksi pembongkaran dan pembakaran terhadap tenda-tenda tempat berjualan dan tempat tinggal mereka. Dia mengaku aksi tersebut tidak manusiawi karena tidak mempertimbangkan untung rugi dari masyarakat.

"Ada barang-barang kita yang juga terbakar, banyak di sini yang barangnya terbakar habis kasihan kita tahu kita salah tapi berikan kami kesempatan untuk mengeluarkan semua barang dulu baru dibongkar," katanya. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Serbaneka
Sumber:Kompas.com
Tour de Siak 2018
wwwwww