PotretNews.com Senin 24 September 2018

Tak Terduga, Mainan Senter Laser pun Bisa Membunuh Manusia

Tak Terduga, Mainan Senter Laser pun Bisa Membunuh Manusia

Ilustrasi senter laser.

Minggu, 18 Oktober 2015 10:16 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Apakah Anda pernah membeli senter laser seharga Rp 10 ribuan untuk presentasi kantor atau kuliah? Jika iya, Anda mungkin tidak tahu bila senter yang Anda beli itu bisa dipakai untuk membunuh.Sebelumnya harus diketahui bila laser sejatinya adalah semburan cahaya yang dipusatkan lewat lensa. Biasanya, senter laser yang banyak dijual mempunyai kekuatan rendah, sekitar 5 miliwatt. Nah, cahaya berkekuatan rendah itu tetap saja bisa berbahaya bisa diarahkan pada mata. Namun, apakah itu cukup untuk mengakhiri hidup manusia?

/assets/imgbank/18102015/potretnewscom_ffsgf_22.jpg
Ilustrasi mainan laser.

Jawabannya tidak. Sebab, cahaya senter itu hanya bisa melukai mata. Untuk membunuh manusia, setidaknya dibutuhkan laser yang bisa menghasilkan panas hingga 150-260 derajat Celsius. Cahaya laser sepanas itu disebut mampu mencairkan kepala manusia dan otak di dalamnya. Tetapi, laser berkekuatan sebesar itu tidak bisa dihasilkan hanya dengan beberapa senter.

Menurut Rebecca Thompson, fisikawan dari American Physical Society, dibutuhkan setidaknya laser berkekuatan 1 kilowatt untuk membunuh manusia. Jika berkaca pada satu senter laser yang hanya mempunyai kekuatan 5 miliwatt, maka dibutuhkan setidaknya 200.000 senter laser untuk menghasilkan cahaya yang cukup kuat untuk membunuh.

Ads
Akan tetapi semua belum selesai, ratusan ribu senter laser itu harus difokuskan pada satu titik untuk bisa berfungsi maksimal. Sinar pembunuh itu juga hanya bisa bekerja pada jarak 1,6 meter saja. ***

(M Yamin Indra)
Kategori : Serbaneka
Sumber:Merdeka.com
Tour de Siak 2018
wwwwww