PotretNews.com Minggu 22 Juli 2018

Nama yang Unik akan Pengaruhi Kepribadian Anak

Nama yang Unik akan Pengaruhi Kepribadian Anak

Ilustrasi anak

Minggu, 06 September 2015 22:39 WIB
POTRETNEWS.com – Zaman sekarang, banyak orangtua yang kian kreatif dalam memilihkan nama untuk buah hati mereka. Inspirasi mencari nama anak, tak jarang didapatkan dari karakter dalam film, nama selebriti idola, atau tokoh fiktif dalam buku favorit orangtua.Para ahli menyatakan bahwa pemberian nama yang unik akan berdampak bagi kepribadian sang anak.

"Sebuah hal dimulai dari memberikan nama yang tidak umum dan akan mengarah kepada pemikiran yang tidak konvensional atau kreatif. Ketika Anda menganggap diri Anda berbeda, maka Anda pun akan berpikir atau bersikap dengan berbeda pula," ujar Adam Altee, profesor psikologi dan pemasaran di New York University, Amerika Serikat.

Pada kesepatan yang sama, Pamela Redmond Satran, pendiri Nameberry dan penulis buku The Baby Name Bible menjelaskan bahwa para orangtua yang memberikan nama yang tidak biasa akan membantu membentuk buah hati mereka menjadi pribadi yang istimewa. Di masa kini, lanjut Satran, ada banyak pilihan bagi orangtua untuk memilih nama yang akan berbeda.

Ads
"Orangtua seperti ini yang akan mengirim anak mereka ke taman kanak-kanak yang mengapresiasi kreativitas. Mereka juga bisa membiarkan anak mereka memilih busana sendiri atau sepatu bot warna-warni ketimbang celana jeans dan sepatu olahraga biasa," ungkap Satran.

Namun demikian, penjelasan orangtua kepada anak bahwa mereka adalah pribadi yang unik pun akan memberikan nilai tambah bagi pembentukan kepribadian anak.

"Apabila orangtua yang memberikan anak mereka nama yang unik dan mengomunikasikan bahwa mereka spesial, ini menjadi nilai plus. Namun, bila orangtua memberikan pesan bahwa mereka aneh, ini bisa menjadi nilai minus," ungkap Richard Zweigenhaft, penulis laporan penelitian bertajuk Unusual First Names: A Positive Outlook.

Namun begitu, Satran menekankan bahwa nama yang unik hanya salah satu bagian yang membentuk seorang anak. Nama, kata dia, adalah simbol harapan dan impian orangtua bagi buah hati mereka. Sehingga, Satran meyakinkan kepada orangtua untuk tidak segan memberikan nama yang unik bagi anak.

"Apabila Anda mau anak Anda menjadi yang unik di tengah keramaian, sebuah nama yang unik adalah satu cara untuk menunjukkan padanya bahwa Anda menghargai dan mengapresiasi kualitas tersebut," tutur Satran.

loading...
(Mario A Khair)
Kategori : Serbaneka
Sumber:Kompas.com
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww