Harvard Tawarkan Beasiswa S2 bagi PNS Indonesia, Syaratnya Sangat Sederhana...

Harvard Tawarkan Beasiswa S2 bagi PNS Indonesia, Syaratnya Sangat Sederhana...

Ilustrasi.

Rabu, 09 Maret 2016 10:53 WIB
BOSTON, POTRETNEWS.com - Harvard Kennedy School (HKS) Boston menawarkan beasiswa bagi pegawai negeri sipil (PNS) Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi tersebut. Tawaran tersebut disampaikan Direktur Akademi HKS, Jay K Rosengard, di Boston, Amerika Serikat, Senin (7/3/2016) waktu setempat saat pertemuan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Susi Pudjiastuti, usai memberi kuliah umum di HKS, Boston. "Apabila ada pegawai negeri sipil yang bisa berbahasa Inggris dari kementerian Anda, silakan kirim dia ke HKS untuk program global," kata Rosengard kepada Menteri Susi Pudjiastuti yang sedang berkunjung ke perguruan tinggi tersebut, Rabu (9/3/2016).

Menurut Rosengard, pegawai negeri sipil Indonesia yang miliki kemampuan bahasa Inggris yang baik dapat langsung dikirim kapan saja ke HKS tanpa melalui ujian atau proses tertentu. Rosengard mengatakan, HKS setiap tahun menyediakan beasiswa bagi pegawai negeri sipil dari negara lain dan tahun lalu perguruan tinggi tersebut memberi kesempatan kepada pegawai Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan RI.

Bantuan beasiswa tersebut diberikan bagi program Master untuk Kebijakan Publik (MPP), Master Administrasi Publik/ Pembanguan International (MPA/ID), Master 2 tahun dalam Administrasi Publik (MPA2), dan Mid-Career Master dalam bidang Administrasi Publik (MC/MPA).

Dia menjelaskan HKS juga memiliki Harvard Kennedy School Indonesia Program (HKSIP) yang berdiri sejak 2010. Ini merupakan jawaban atas kebutuhan pengembangan sistem pengajaran, penelitian dan penerapan kebijakan publik di Indonesia dalam era pasca-Orde Baru.

"HKSIP menyelenggarakan kegiatan penelitian, pendidikan dan pengembangan kapasitas guna mendukung terciptanya tata kelola pemerintahan yang baik dan transformasi institusional di bidang kebijakan publik di Indonesia," kata Rosengard.

Program tersebut juga mendukung kegiatan penelitian terapan mengenai berbagai persoalan kebijakan publik yang dihadapi oleh Indonesia dengan melibatkan para pengajar dan peneliti dari Amerika Serikat dan Indonesia. Saat acara peluncuran perdana HKSIP pada 2010, hasil laporan penelitian pertama HKSIP diterbitkan dalam bentuk buku berjudul Indonesia Menentukan Nasib: Dari Reformasi ke Transformasi Kelembagaan.

Menanggapi tawaran tersebut, Menteri Susi Pudjiastuti mengatakan dia akan membicarakannya terlebih dahulu dengan sekretaris jenderal di Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk membahas hal-hal yang lebih teknis.

Menteri Susi Pujiastuti sebelum bertemu dengan Rosengard telah memberi kuliah umum di Massaschussetts Institute of Technology (MIT) Sloan School of Management dan Harvard Kennedy School, Boston, dengan tema Indonesia Sebagai Pusat Maritim Dunia. Sehari sebelumnya (6/3/2016), Susi mengunjungi Seafood Expo North America (pameran makanan laut Amerika Utara) yang berlangsung di Boston, Amerika Serikat, pada 6-8 Maret 2016. ***

Editor:
Akham Sophian

Sumber:
Antara/Okezone.com

Kategori : Nusantara
wwwwww