PotretNews.com Senin 23 Juli 2018

Walah, 4 Orang Kepergok Wartawan saat Buka Kotak Suara

Walah, 4 Orang Kepergok Wartawan saat Buka Kotak Suara

Kotak suara diam-diam dibuka. (foto: merdeka.com)

Kamis, 10 Desember 2015 01:57 WIB
MANADO, POTRETNEWS.com - Beberapa kotak suara Pilkada yang berada di kantor Kecamatan Wenang, Manado, Sulawesi Utara, didapati sementara dibuka oleh beberapa orang yang diduga petugas Panwas setempat, Rabu (9/12/2015) malam.Meski berdalih untuk mengambil berita acara namun perbuatan tersebut terindikasi pelanggaran. Aksi membuka segel penutup kotak suara pilkada yang dilakukan beberapa orang tersebut kepergok wartawan dan terekam kamera jurnalis televisi nasional yang kebetulan masuk untuk mencari data hasil perhitungan suara.

Saat itu 4 orang yang terdiri dari 2 orang wanita dan 2 orang pria sedang berada di ruangan penyimpanan kotak suara Pilkada Gubernur dan Wali Kota.

Terlihat mereka sementara memindahkan kotak-kotak suara dan membuka segel penutup beserta gemboknya. Beberapa kotak suara Pilkada Wali Kota pun terekam dalam keadaan rusak segel dan terpasangi anak kunci. Kegiatan tersebut akhirnya terhenti setelah seorang pria yang diyakini staf di kantor tersebut marah-marah.

Ads
"Tolong dikunci ruangannya dan jangan sampai ada yang masuk lagi ya?" ujar pria dengan kemeja warna biru. Ia pun dengan wajah yang agak suram sempat menanyakan kehadiran wartawan di kantor tersebut.

Camat Wenang, Donald Sambuaga, sendiri terkesan enggan memberi keterangan terkait aksi membuka kotak suara tersebut. Dirinya mengatakan jika hal tersebut bukan wewenangnya.

"Saya tidak bisa berkomentar soalnya saya hanya tuan rumah. Katanya ada berita acara yang tak sengaja dimasukan dalam kotak suara jadi mereka buka. Mereka Panwas dan petugas KPU," singkat Sambuaga.

Terpisah, Ketua PPK Kecamatan Sario, Yuliana Sukirman, menyatakan memang ada beberapa berita acara yang masuk dalam kotak suara. Namun dirinya tak berani membuka kotak-kotak tersebut lantaran melanggar aturan.

"Mohon maaf saya belum bisa memberikan data akurat karena ada masalah. Beberapa berita acara masuk dalam kotak namun saya tidak akan buka karena harus bersama-sama dengan Panwas, kepolisian dan saksi-saksi. Sekali lagi saya tidak akan buka malam ini karena memang aturannya tidak bisa. Harus tunggu rekap besok," jelas Yuliana yang ditemui di Sekretariat PPK yang berlokasi di kantor Camat Sario. ***

loading...
(M Yamin Indra)
Kategori : Nusantara
Sumber:Merdeka.com
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww