Sebelum Padamkan Api, 1.000 Personel TNI Salat Minta Hujan

Sebelum Padamkan Api, 1.000 Personel TNI Salat Minta Hujan

Prajurit TNI salat berjemaah sebelum bertugas padamkan api kebakaran hutan. (foto: antara)

Jum'at, 23 Oktober 2015 06:52 WIB
PALEMBANG, POTRETNEWS.com- Sebanyak 1.000 personel TNI dari berbagai kesatuan kembali didatangkan untuk mengganti personel yang lebih dulu ditempatkan di Sumatera Selatan untuk melakukan pemadaman kebakaran di lahan gambut. Personel gabungan ini telah tiba sejak Kamis (22/20/2015) siang. Sebelum ditempatkan ke sejumlah wilayah untuk melakukan pemadaman, seluruh pasukan melakukan Salat Sunat Istisqa atau salat memohon hujan di Lanud Palembang, Sumatera Selatan.

Bila turun hujan, diharapkan operasi pemadaman akan lebih cepat diselesaikan. Karena kesulitan yang dihadapi tim darat adalah sumber air yang sangat minim. Sementara, luas lahan gambut yang terbakar terutama di OKI sudah mencapai lebih dari 220 ribu hektare.

Personel gabungan yang akan menggantikan 1.068 personel yang telah satu bulan bekerja juga akan ditempatkan di Ogan Komering Ilir dan Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Mereka akan melanjutkan operasi pemadaman darat dan sekaligus terus membuat kanal-kanal dan embung penampung air," ujar Panglima Kodam 2 Sriwijaya, Mayjen TNI Purwadi Mukson.

Pasukan pengganti ini akan bertugas hingga akhir November seiring diperpanjangnya masa siaga darurat kebakaran hutan dan lahan di Sumatara Selatan. ***

(Farid Mansyur)
Kategori : Nusantara
Sumber:Viva.co.id
wwwwww