PotretNews.com Selasa 19 Juni 2018

Gubernur Bengkulu Usulkan Prof Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional

Gubernur Bengkulu Usulkan Prof Lafran Pane sebagai Pahlawan Nasional

Prof Lafran Pane (alm).

Kamis, 18 Februari 2016 12:20 WIB
BENGKULU, POTRETNEWS.com - Gubernur Bengkulu Ridwan Mukti akan mengusulkan pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Lafran Pane sebagai pahlawan nasional.Hal itu ia ungkap saat menghadiri Dies Natalies HMI ke 69 yang diselenggarakan HMI dan KAHMI Cabang Bengkulu, Rabu (17/2/2016) pukul 20.00 WIB.

"Keluarga besar HMI, KAHMI dan saya selaku gubernur akan mengajukan secara resmi agar Lafran Pane diusulkan menjadi pahlawan nasional ke pemerintah," ungkapnya di hadapan kader HMI Bengkulu.

Lafran Pane dikenal sebagai salah satu pendiri Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) pada tanggal 5 Februari 1947. Lafran Pane lahir di kampung Pagurabaan, Kecamatan Sipirok, yang terletak di kaki gunung Sibual-Bual, 38 kilometer kearah utara dari Padangsidempuan, Ibu kota Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Ads
Dalam catatan sejarah Indonesia Nama Lafran Pane selalu tak bisa dilepaskan. Dua cita-cita Lafran Pane mendirikan HMI yakni mempertahankan Negara Republik Indonesia, dan mempertinggi derajat rakyat Indonesia, serta menegakkan dan mengembangkan ajaran agama Islam. ***

Sumber:
Kompas.com

Editor:
M Yamin Indra

loading...
Kategori : Nasional
PMB Unilak 2018/2019
wwwwww