Yusril Ihza Mahendra: Di Tengah Bencana Asap, Jokowi Harusnya Malu Berkunjung ke AS

Yusril Ihza Mahendra: Di Tengah Bencana Asap, Jokowi Harusnya Malu Berkunjung ke AS

Ilustrasi kabut asap.

Jum'at, 23 Oktober 2015 20:21 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Ketua Umum Partai Bulan Bintang Yusril Ihza Mahendra mendesak Presiden Joko Widodo untuk mempertimbangkan kembali rencana kunjungannya ke Amerika Serikat akhir bulan Oktober 2015. Pasalnya, masalah kebakaran lahan dan hutan yang mengakibatkan kabut asap belum selesai.

"Presiden harusnya fokus menyelesaikan masalah dalam negeri terutama bencana kebakaran hutan yang kini telah menimbulkan korban jiwa, ancaman kesehatan dan kerusakan lingkungan yang amat parah bagi kehidupan," kata Yusril di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (23/10/2015).

Kunjungan Jokowi ke AS, meskipun memenuhi undangan Presiden Barack Obama, selayaknya ditunda karena tidak ada hal mendesak untuk dibicarakan. Yusril meyakini, AS akan sangat mengerti penundaan itu, mengingat mereka sangat serius memperhatikan lingkungan.

Dana miliaran dolar AS, kata dia, dikeluarkan AS untuk peningkatan oksigen bumi dalam beberapa tahun terakhir. "Dalam situasi (bencana asap) seperti ini, Jokowi harusnya malu berkunjung ke AS," ucapnya.

Kemenlu dan Sekneg, kata dia, seharusnya paham dan wajib mengingatkan Presiden bahwa ada sesuatu yang secara halus ditunjukkan oleh protokol kepresidenan AS dalam menerima Presiden Jokowi.

"Tidak ada jamuan makan, tidak ada joint statemen kedua Presiden. Ini menunjukkan secara halus bahwa kunjungan Jokowi tidak lah penting bagi AS sebagaimana layaknya Presiden AS menerima Presiden sebuah negara sahabat yang kedudukannya sangat penting," ujarnya.

Kunjungan Jokowi ke AS ketika sebagian rakyatnya menghadapi bencana asap, bahkan beberapa telah menjadi korban, menurut Yusril, adalah sikap tidak bijaksana dan tidak merakyat.

"Jokowi harusnya ingat amanat Pembukaan UUD 1945 bahwa negara berkewajiban melindungi segenap bangsa dan tumpah darah Indonesia. Jangan lupa amanat konstitusi ini," ujar mantan Menteri Hukum dan Perundang-perundangan ini.

Menteri Koordinasi bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Luhut Binsar Panjaitan sebelumnya mengungkapkan, pemerintah kini mengalihkan fokus penanganan dari pemadaman kebakaran hutan menjadi operasi kemanusiaan.

Hal ini dilakukan karena berdasarkan prediksi, api tidak akan bisa padam sampai tiga minggu ke depan.

Jokowi akan berada di AS pada 25-28 Oktober. Salah satu agendanya, yakni pertemuan dengan Presiden Barack Obama, untuk memperkuat dan memperluas kerja sama bilateral.

Presiden RI juga akan berinteraksi dengan perwakilan dari dunia usaha AS dan menghadiri pertemuan dengan tiga badan kamar dagang di AS. Ketiga kamar dagang yang dimaksud adalah US Chamber of Commerce, American Chamber of Commerce dan US-ASEAN Business Council.

Dalam kesempatan itu, Presiden Jokowi juga akan memberikan pidato dalam jamuan makan malam di US-Asean business council.

Pada hari kedua kunjungan kenegaraannya, Selasa (27/10), Presiden Jokowi akan memberikan pidato dalam pertemuan dengan badan "think tank" AS.

Kemudan pada hari Rabu (28/10), Presiden Jokowi akan melakukan pertemuan dengan para petinggi dan perusahaan industri teknologi (IT) di Silicon Valley.***

(Akham Sophian)
Kategori : Nasional
Sumber:Kompas.com
wwwwww