PotretNews.com Rabu 26 September 2018

Kenali Jenis Pekerjaan yang Paling Rentan Alami Stroke dan Serangan Jantung

Kenali Jenis Pekerjaan yang Paling Rentan Alami Stroke dan Serangan Jantung

Ilustrasi.

Senin, 07 Maret 2016 14:25 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com - Sebuah penelitian terbaru di Amerika Serikat mengaitkan jenis pekerjaan dengan risiko serangan jantung. Orang-orang yang bekerja di bidang penjualan paling rentan mengalami salah satu penyakit paling mematikan tersebut.Kelompok usia 45 tahun ke atas yang bekerja di bidang penjualan, kantor, dan jasa layanan makanan disebut paling rentan mengalami stroke dan serangan jantung. Sementara orang-orang yang bekerja di posisi manajerial, menurut penelitian ini punya risiko lebih rendah.

Perbedaan risiko pada berbagai jenis pekerjaan tersebut disebabkan oleh faktor-faktor risiko yang dihadapi. Pada pekerja transportasi misalnya, 22 persen di antaranya adalah perokok. Dalam kaitannya dengan serangan jantung, rokok termasuk salah satu faktor risiko paling utama.

Selain itu, 68 persen pekerja di bidang penjualan dan administrative support punya pola makan yang buruk. Bahkan 69 persen pekerja di bidang penjualan punya kadar kolesterol yang tinggi.

Ads
Ironisnya, orang-orang yang bekerja di industri makanan justru punya pola makan yang paling buruk. Sebanyak 79 persen di antaranya memiliki kualitas diet yang dikategorikan tidak sehat.

Di kalangan polisi dan pemadam kebakaran, 90 persen mengalami obesitas. Sebanyak 77 persen memiliki kadar kolesterol tinggi, dan 35 persen memiliki tekanan darah di atas normal.

"Makin kecil jumlah faktor risiko kardiovaskular, makin mudah untuk memprediksi kesehatan mereka di masa depan, termasuk kematian dini, penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal," kata Captain Leslie MacDonald dari US Public Health Service yang memimpin penelitian ini, seperti dikutip dari Dailymail, Rabu (2/3/2016). ***

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Detik.com/hariansib.co

Kategori : Kesehatan
Tour de Siak 2018
wwwwww