PotretNews.com Kamis 22 Februari 2018

Hehehe..., Rupanya Manusia Makin Cerdas, tetapi Sangat Pemalas

Hehehe..., Rupanya Manusia Makin Cerdas, tetapi Sangat Pemalas

Ilustrasi

Rabu, 16 September 2015 05:55 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com - Teknologi yang terus berkembang pesat membuat hidup manusia semakin mudah dan praktis. Kita hanya butuh beberapa menit untuk menyiapkan makanan, serta memiliki kulkas pintar sampai komputer mini di saku.

Berbagai aplikasi di gadget juga membuat kita merasa sudah aktif bergerak. Kita mungkin memakai aplikasi fitness tracker agar lebih mudah memonitor jumlah langkah per hari atau mengingatkan kita untuk datang ke gym.

Dengan semua kecanggihan tersebut, ternyata hasil yang didapat bisa tak sepadan. Alih-alih membakar kalori dan meningkatkan pemakaian energi, ternyata sistem saraf bisa mengelabui dengan mengajarkan tubuh kita untuk bergerak dalam cara yang paling konservatif.

Hasil penelitian yang dimuat dalam Current Biology menunjukkan bahwa sistem saraf kita ahli dalam melakukan perubahan sehingga kita hanya mengeluarkan sedikit energi saat beraktivitas.

Ads
Para ilmuwan mengungkapkan hal tersebut dengan mempelajari pemakaian energi untuk berjalan, lalu diterapkan pada berbagai gerakan manusia.

"Kami menemukan bahwa orang mulai mengalami perubahan cara berjalan untuk menghemat sejumlah kecil energi," kata Max Donelan, peneliti dari Kanada.

Penjelasan Donelan itu menunjukkan bahwa manusia memilih untuk melakukan sesuatu dengan cara yang paling mudah. Manusia modern memilih untuk mengambil rute jalan terpendek, duduk daripada berdiri, dan sebagainya. Para ilmuwan juga menemukan bahwa kemalasan itu juga terlihat dalam kegiatan yang sering kita lakukan, seperti berjalan kaki.

"Sistem saraf memonitor energi yang kita pakai dan terus-menerus mengoptimalkan pola gerakan agar kita bergerak seefisien mungkin," katanya.***

loading...
(Akham Sophian)
Kategori : Kesehatan
Sumber:Kompas.com
wwwwww