Oalah, Peru Bangun Tembok Pemisah Antara Si Kaya dan Si Miskin

Oalah, Peru Bangun Tembok Pemisah Antara Si Kaya dan Si Miskin

Tembok pemisah orang kaya dan miskin di Peru. (foto: daily mail/merdeka.com)

Jum'at, 25 Desember 2015 17:47 WIB
LIMA, POTRETNEWS.com- Di Ibu Kota Lima, Peru, ada tembok yang memisahkan kawasan si kaya dan si miskin. Tembok itu dibangun supaya kaum miskin tidak mencuri harta si kaya. Sejumlah warga mengecam tembok itu karena dinilai memalukan dan merendahkan kaum miskin. Dinding yang dijuluki ”Tembok Berlinnya Peru” itu terbuat dari semen dan batu bata serta dilengkapi kawat duri di bagian atasnya.

Tembok itu memisahkan kawasan San Juan de Miraflores dan Surco, seperti dilansir koran the Daily Mail, Selasa (22/12/2015). Dilihat dari atas dengan kamera dari pesawat tanpa awak (drone) tembok yang terbentang itu memisahkan kawasan perkotaan Las Casuarinas, tempat tinggal orang kaya, dan kawasan kumuh orang miskin Vista Hermosa.

"Rumah-rumah kumuh dengan atap bedeng itu sangat kontras dengan rumah-rumah berharga jutaan dolar yang berjarak hanya beberapa kilometer," ujar laporan media lokal.

Para demonstran yang mengutuk tembok itu mengecat dinding tembok dengan mural dan tulisan-tulisan berisi kecaman.

Menurut lembaga Oxam, kesenjangan antara si kaya dan miskin di Amerika Latin memang masih yang tertinggi di dunia. Pada 2014 laporan menyebutkan satu persen orang kaya di Amerika Latin memiliki harta sebesar 41 persen dari seluruh nilai kekayaan di benua itu. ***

(Akham Sophian)
Kategori : Internasional
Sumber:Merdeka.com
wwwwww