PotretNews.com Senin 23 April 2018

Ini Penyebab Terjadinya Tragedi Mina yang Menyebabkan Lebih 700 Jemaah Tewas... Benarkah?

Ini Penyebab Terjadinya Tragedi Mina yang Menyebabkan Lebih 700 Jemaah Tewas... Benarkah?

Korban tragedi Mina

.
Jum'at, 25 September 2015 09:30 WIB
MEKAH, POTRETNEWS.com - Tragedi Mina terjadi di jalanan sekitar 1,5 kilometer mengarah ke lokasi pelemparan jumrah aqabah. Hingga tadi malam pukul 22.00, Direktorat Pertahanan Sipil Arab Saudi merilis total korban 719 jamaah meninggal dunia dan 863 jamaah terluka. Dari Indonesia, jamaah yang meninggal ada tiga. Yakni, Hamid Atwi Tarji Rofia, 51; Busyaiyah Sahel Abdul Gafar, 50; dan satu jamaah lagi belum teridentifikasi.Hamid berasal dari kloter Surabaya (SUB) 48 yang tinggal di maktab 2. Busyaiyah merupakan jamaah kloter Batam (BTM) 14 yang tinggal di maktab 1. Dua jamaah itu tinggal di tenda di Mina Jadid.

"Satu korban lagi belum teridentifikasi, tapi menggunakan pakaian jamaah Indonesia," kata Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin tadi malam. Berdasar laporan petugas di Jamarat, diduga insiden terjadi karena jamaah yang hendak melaksanakan jumrah aqabah mendadak terhenti di Jalan Arab. Karena ada jamaah yang berhenti, jamaah di barisan belakang spontan mendorong jamaah di depannya.

Aksi saling dorong pun terjadi di tengah kerumunan jamaah. Akibatnya, banyak jamaah perempuan dan orang tua yang jatuh menjadi korban karena terinjak-injak. Hingga berita ini ditulis, belum diketahui penyebab pasti berhentinya jamaah yang menimbulkan kekacauan. Namun ada dugaan karena kelelahan.

Kepala Organisasi Haji Iran Said Ohadi mengatakan, ada dua jalur di dekat Jamarat yang ditutup tanpa alasan yang jelas. Kata Ohadi, itulah yang mengakibatkan kerumunan jamaah berdesakan yang berujung jamaah tewas terinjak-injak.
Ads
Selain itu, ada yang menyebut jamaah kelelahan sehingga berhenti di tengah jalan menuju Jamarat. Yang jelas, situasi tersebut membuat arus jamaah di Jalan Arab 204 terhenti total.

Menteri Saudi Sebut Jamaah Lalai Sementara itu, Menteri Kesehatan Saudi Khaled al-Falih membantah tudingan Wakil Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amir Abdollahian menyebut Saudi telah lalai dan gagal memberikan jaminan keamanan serta keamanan pada para jamaah.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi El-Ekhbariya, dia menyebut ketidakdisiplinan jamaah haji sebagai penyebab. "Banyak jamaah yang tidak menaati jadwal. Mereka tidak patuh pada peraturan," ujarnya.

Saudi berjanji akan menyelidiki tragedi tersebut hingga tuntas. "Kami akan berusaha melakukan penyelidikan dengan cepat dan transparan," janji Al-Falih. Jamaah Afrika Dituding Sebgai Pemicu

Komite Pusat Haji memperkuat pernyataan Menteri Kesehatan Saudi Khaled al-Falih dengan menyatakan bahwa tragedi maut di Mina itu dipicu oleh ulah sekelompok jamaah asal Afrika.

"Desak-desakan itu terjadi karena jamaah asal Afrika tidak tertib," ungkap Pangeran Khaled al-Faisal, ketua komite pusat haji, dalam wawancara dengan stasiun televisi Al-Arabiya. Dalam proses evakuasi, Saudi mengerahkan sedikitnya 220 ambulans. Juru Bicara Badan Pertahanan Sipil Saudi mengatakan, sekitar 4.000 personel tim rescue terlibat dalam evakuasi di dekat Jembatan Jamarat itu.

Beberapa saat sebelum tragedi itu menghiasi media online, Kementerian Pertahanan Saudi sempat mengunggah cuitan tentang kondisi berdesak-desakan di Mina itu melalui akun Twitter resminya. "Kami sedang berusaha mengurasi kepadatan di Mina," cuit kementerian tersebut.

Tidak lama kemudian, sekitar pukul 09.00 waktu setempat, terjadilah tragedi mengenaskan tersebut. Salah seorang jamaah asal Sudan yang luput dari tragedi mengatakan bahwa penyelenggaraan haji kali ini merupakan yang terburuk. Sebelumnya, dia sudah tiga kali naik haji

"Jamaah sudah kelelahan dan dehidrasi sebelum mencapai tujuan," ujarnya. Keterbatasan fisik itulah, menurut dia, yang ikut memicu terjadinya insiden desak-desakan.***
loading...
(***)
Kategori : Internasional
Sumber:jpnn.com
DPRD Kabupaten Siak 2018
wwwwww