*Gesa Konektivitas Antarwilayah

Pemprov Riau Bersama Kontraktor Konsultan Tinjau Lokasi Pembangunan Jembatan Sei Pakning-Bengkalis

Pemprov Riau Bersama Kontraktor Konsultan Tinjau Lokasi Pembangunan Jembatan Sei Pakning-Bengkalis

Pj Gubernur Riau diwakili tim Tenaga Ahli Infrastruktur Ahmad Ismail bersama Kepala Kontraktor Konsultan SRBGC Ltd meninjau lokasi proyek pembangunan jembatan penghubung Pulau Bengkalis. (F-IST)

Jum'at, 17 Mei 2024 22:07 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meninjau secara langsung lokasi proyek pembangunan jembatan penghubung Pulau Bengkalis. Peninjauan ini dilaksanakan oleh Pj Gubernur Riau yang diwakili oleh tim Tenaga Ahli Infrastruktur, Ahmad Ismail, bersama Kepala Kontraktor Konsultan Sino Road and Bridge Group Co (SRBGC) Ltd yang merupakan anak perusahaan dari China State Construction Engineering Corporation (CSCEC).

Tampak juga pihak dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis ikut serta guna memastikan progres pembangunan sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan. Kegiatan ini berlangsung Jumat (17/05/2024).

Jembatan penghubung Sungai Pakning-Pulau Bengkalis merupakan satu diantara proyek strategis yang sangat dinantikan oleh masyarakat. Pembangunan ini diharapkan dapat meningkatkan konektivitas antar-pulau di wilayah bumi lancang kuning dan memperlancar arus transportasi hingga perdagangan.

Dalam peninjauan tersebut, tim mengecek kondisi lapangan dan berkoordinasi dengan pihak-pihak pemangku kepentingan. Hal itu dilakukan agar memastikan pembangunan dapat berjalan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Kepala Kontraktor Konsultan Sino Road and Bridge Group Co (SRBGC), Ika Puspita Sari, mengatakan bahwa lokasi ini sangat tepat dibangun jembatan penghubung untuk konektivitas antarwilayah. Oleh karena itu, ia berpesan kepada Pemprov Riau agar pembangunan ini diusulkan juga sebagai proyek strategis nasional (PSN) supaya prosesnya bisa berjalan cepat.

“Hasil peninjauannya bagus, kita sudah lihat rencana bentang luasan maupun titik awal pembangunan dan titik akhir. Kita berharap segera diproses ke proyek strategis nasional, supaya kita sebagai kontraktor dan investor bisa mempercepat projek ini,” katanya.

“Progres awalnya ini tergantung dari pemerintah, karena untuk sekarang DED (Rancang Bangun Rinci/Detail Engineering Design) juga masih dirancang. Namun, untuk rencana rancangannya sudah ada,” lanjutnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Bengkalis, Ardiansyah, menjelaskan dari rancangan saat ini, terhitung dari titik as jalan provinsi menuju kabupaten adalah 8,9 Km. Sedangkan untuk bentangan jembatannya diperkirakan sepanjang 7,6 Km menghubungkan Desa Bukit Batu dan Desa Pangkalan Barat, Bengkalis.

“Titik as-nya ini adalah titik dari jalan provinsi dan kabupaten. Di bagian jalan provinsi merupakan Desa Bukit Batu sedangkan untuk jalan as kabupaten itu Desa Pangkalan Batang Barat.

Kalau dari as jalan provinsi ke kabupaten itu 8,9 Km. Kemudian untuk bentangan jembatannya 7,6 Km,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia berharap pembangunan jembatan ini bisa terlaksana secepatnya. Karena ketika jembatan penghubung pulau Bengkalis ini sudah ada tentu saja dapat memberikan dampak aktivitas ekonomi dan sosial masyarakat yang lebih berkembang.

“Yang jelas kita dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis di masa kepemimpinan ibu Kasmarni dan bapak Bagus, tentu sangat mendukung percepatan proses pembangunan jembatan ini. Kita terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Riau, karena kita sedang berbagi kerja samanya. Harapannya semoga ini segera terlaksana, dengan ada investor dari China mudah-mudahan ini bisa lebih cepat proses pengerjaannya,” pungkasnya. ***

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww