Home > Berita > Umum

Corona belum Sirna, Virus Misterius West Nile Muncul di Belanda

Corona belum Sirna, Virus Misterius <i>West Nile</i> Muncul di Belanda

Ilustrasi/INTERNET

Jum'at, 16 Oktober 2020 09:16 WIB

POTRETNEWS.com — Tatkala dunia sedang cemas lantaran pandemi virus corona atau Covid-19, kini muncul sebuah virus baru yang menyerang saraf. Otoritas kesehatan Belanda mengatakan pada Kamis (15/10/2020), mereka telah menemukan infeksi pertama virus West Nile yang berasal dari negeri kincir angin pekan lalu.

Pasien yang terjangkit virus West Nile adalah pria yang baru-baru ini tidak ke luar negeri, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Belanda mengatakan dalam sebuah pernyataan yang dikutip Reuters.

Ditularkan terutama melalui gigitan nyamuk, virus West Nile dapat menyebabkan penyakit saraf yang fatal, meskipun sekitar 80% dari mereka yang terinfeksi tidak pernah menunjukkan gejala, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Melansir tribunnews.com, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional memperkirakan, pasien tertular virus West Nile di wilayah Utrecht, Belanda tengah, tempat ditemukan burung dan nyamuk pembawa virus pada Agustus dan September lalu.

Tapi, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional menyatakan, risiko infeksi saat ini di Belanda minimal karena musim nyamuk akan segera berakhir. Hanya, mereka akan mengusulkan langkah lebih lanjut sebelum musim nyamuk tahun depan.

Tidak ada vaksin untuk virus West Nile pada manusia, meskipun ada penangkalnya untuk kuda. Berasal dari Afrika, virus tersebut telah menyebar ke Eropa, Asia, dan Amerika Utara.

Sejumlah warga negara Belanda pernah ditemukan membawa virus West Nile sebelumnya. Tetapi, Institut Kesehatan Masyarakat Nasional mengungkapkan, mereka selalu terinfeksi di luar negeri.

Gejala virus West Nile
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan, kebanyakan orang, 8 dari 10, yang terinfeksi virus West Nile tidak menunjukkan gejala apa pun.

Sekitar 1 dari 5 orang yang terinfeksi mengalami demam dan gejala lainnya, seperti sakit kepala, nyeri tubuh, nyeri sendi, muntah, diare, atau ruam.

Kebanyakan orang dengan yang terjangkit virus West Nile sembuh total, tetapi kelelahan dan kelemahan bisa berlangsung selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan.

Hanya, menurut CDC, sekitar 1 dari 150 orang yang terinfeksi mengembangkan penyakit parah yang memengaruhi sistem saraf pusat, seperti ensefalitis (radang otak) atau meningitis (radang selaput yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang).

Gejala penyakit parah termasuk demam tinggi, sakit kepala, leher kaku, pingsan, disorientasi, koma, tremor, kejang, otot lemas, kehilangan penglihatan, mati rasa, dan kelumpuhan.

Bisa menyebabkan kematian
Penyakit parah dapat terjadi pada orang dari segala usia. Namun, orang yang berusia di atas 60 tahun berisiko lebih besar.

Orang dengan kondisi medis tertentu, seperti kanker, diabetes, hipertensi, penyakit ginjal, dan orang yang telah menjalani transplantasi organ, juga berisiko lebih besar.

Pemulihan dari penyakit parah akibat virus West Nile mungkin membutuhkan waktu beberapa minggu atau bulan. Beberapa efek pada sistem saraf pusat mungkin permanen

Tapi, CDC mengungkapkan, sekitar 1 dari 10 orang yang mengembangkan penyakit parah, yang memengaruhi sistem saraf pusat, meninggal. ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww