Merawat Budaya, Menjaga Keutuhan Indonesia Raya

Merawat Budaya, Menjaga Keutuhan Indonesia Raya

Suasana seminar nasional sempena HUT ke-17 PKNS Riau.

Minggu, 28 Februari 2016 14:05 WIB
Awi

PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat dan memanfaatkan kebudayaan, salah satunya melalui seminar nasional seperti yang dilakukan Paguyuban Kawulo Ngayogyakarta dan Sekitarnya (PKNS) Riau, Sabtu (27/2/2016). Kegiatan yang digelar dalam rangkaian acara hari ulang tahun (HUT) ke-17 organisasi itu mengangkat tema membangun semangat pelestarian, pemeliharaan dan pemanfaatan kebudayaan daerah menuju Indonesia Raya di Bumi Lancang Kuning, suatu motivasi dalam pengembangan nilai kebudayaan hingga ke anak cucu.

Ketua PKNS Riau Jakiman di sela-sela acara menjelaskan, melalui seminar nasional diharapkan seluruh etnis yang ada di Bumi Lancang Kuning, bisa bersatu padu.

"Inilah salah satu tujuan seminar nasional dalam rangka perayaan hari ulang tahun ke-17 PKNS Riau. Mudah-mudahan harapan kami semua seminar ini mampu memberikan kontribusi dalam mempererat kebudayaan yang menghasilkan Visi Misi Riau 2020 mendatang," kata dia.

Jakiman berpendapat, organisasi itu mempunyai komitmen dalam menumbuhkembangkan berbagai sektor, di antaranya perekonomian dan pendidikan sebagai landasan dasar kekuatan negara.

Secara konkret disebut, PKNS Riau sudah beberapa tahun ini memberikan kesempatan kepada semua anggota berkebun sawit dan memberikan kesempatan kepada generasi memilih pendidikan sesuai dengan kemampuan yang ada.

Sebelumnya, dalam laporan sebelum dimulai acara, Ketua Panitia Pelaksana Drs Riyono Gede Trisoko MM melaporkan dasar pemikiran dilaksanakannya seminar yang antara lain sebagai upaya pelestarian kebudayaan secara nasional sekaligus alat untuk menangkis semaraknya radikalisme di tengah kehidupan generasi bangsa. ***

(Mukhlis)
Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww