Home > Berita > Umum

Kini Jadi Rp1,2 Juta, Gaji Petugas Kebersihan di Inhil Bikin Cemburu ”Cik Gu”

Kini Jadi Rp1,2 Juta, Gaji Petugas Kebersihan di Inhil Bikin Cemburu ”Cik Gu”

Petugas kebersihan membersihakn tumpukan sampah yang berserakan di depan SD 09 jalan Baharudin Jusuf Tembilahan.

Rabu, 17 Februari 2016 20:51 WIB
Yusuf
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com - Kebijakan Bupati HM Wardan menaikkan gaji tenaga kebersihan Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Riau, mendapat apresiasi positif dari banyak pihak. Dari gaji Rp 500 ribu per bulan kini naik menjadi Rp 1,2 juta. Namun tak bisa dielakkan, kebijakan ini ternyata membuat cemburu tenaga honorer yang lain, terutama para guru honorer yang gajinya masih jauh dari kata layak.

"Kita sangat bersedih kok yang dinaikkan honornya cuma pasukan kuning (tenaga kebersihan, red) tenaga honor yang lain juga sangat mengharapkan kenaikkan itu," sebut Dedi Irawan, seorang guru honor di Tembilahan belum lama ini.

Senada denga yang dikeluhkan Dedi, Ketua Komisi III DPRD Inhil Iwan Taruna ST juga melontarkan pernyataan yang sama. Pria yang akrab disapa IT ini berharap pemda juga harus berpikir keras untul meningkatkan kesejahteraan tenaga honorer lain, salah satunya guru.

"Pada dasarnya kita sangat mendukung kebijakan bupati ini, sebaiknya jangan hanya pasukan kuning yang dinaikan gajinya, tenaga honorer yang lain juga, seperti guru," kata IT, beberapa hari yang lalu.

Ditambahkan IT, legislatif sangat memahami terkait anggaran APBD Inhil yang tidak akan mampu untuk menaikan seluruh gaji pegawai honorer. Namun IT menyarankan pemda bisa membuat klasifikasi tenaga honorer yang diprioritaskan untuk dinaikan gajinya dengan melihat aspek kinerja dan kebutuhan.

"Kita paham APBD kita tidak akan mampu, tapi kan bisa secara bertahap, dibuat klasifikasinya, katakanlah yang kinerjanya bagus, dan guru-guru yang mengajar di daerah terpencil, itu yang diutamakan," ujar IT. ***

Kategori : Umum, Inhil
wwwwww