Home > Berita > Umum

Menarik Dinikmati, 3 Cabor Tajaan MGMP PJOK Kecamatan Bengkalis yang Ditunjuk MKKS Simpan Banyak Motivasi

Menarik Dinikmati, 3 Cabor Tajaan MGMP PJOK Kecamatan Bengkalis yang Ditunjuk MKKS Simpan Banyak Motivasi
Kamis, 14 Maret 2024 18:21 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Jika suatu pekerjaan diserahkan kepada ahlinya maka akan bagus hasilnya. Inilah yang terjadi di Kecamatan Bengkalis. Para guru olahraga yang tergabung dalam organisasi Musyawarah Guru Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (MGMP PJOK) Kecamatan Bengkalis dengan naungan Ikatan guru Olahraga Nasional (Igornas) Kabupaten Bengkalis menaja kompetisi tiga cabang olahraga (cabor) yaitu atletik, badminton, dan sepak bola.

Cabor Atletik dilaksanakan di Stadion Muhammad Ali Desa Air Putih dan Badminton di GOR (Gedung Olahraga) Pacceka Jalan Tandun yang digelar serentak pada Sabtu, (02/03/2024) merupakan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), sedangkan Cabor Sepakbola yang menjadi ajang seleksi peserta Gala Siswa Indonesia (GSI) Kecamatan Bengkalis, digelar Ahad (03/03/2024) dan hasilnya kembali diseleksi pada Senin, (4/3/2024).

Ketua MKKS Kecamatan Bengkalis, Wan Yusnia Susila sangat mengapresiasi para guru MGMP PJOK yang hebat di Kecamatan Bengkalis. "Mudah-mudahan dari acara ini nanti lahirlah bakat-bakat siswa kita nanti menjadi calon-calon bintang yang mewakili Bengkalis khususnya, baik di Tingkat Kecamatan Bengkalis, Kabupaten Bengkalis, dan Insya Allah bisa sampai mewakili Provinsi Riau di tingkat nasional," kata Wan Yusnia Susila yang sekarang menjabat sebagai Kepala SMPN 4 Bengkalis, Senin (04/03/2024) saat Pembukaan GSI di Stadion Muhammad Ali.

"Pertama saya mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MKKS Kecamatan Bengkalis dan MGMP PJOK Kecamatan Bengkalis yang telah menginisiasi kegiatan ini. Memang kegiatan ini seleksi awal dalam GSI Kabupaten Bengkalis yang Insya Allah nanti jika peserta seleksi terpilih akan mewakili Kecamatan Bengkalis untuk GSI Tingkat Kabupaten Bengkalis," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Muthu Saily pula.

Kadis Pendidikan melalui Muthu Saily berharap ajang ini, "Dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan mudah-mudahan melalui ajang ini, Insya Allah nanti akan didapatkan bibit-bibit ataupun anak-anak kita yang memiliki potensi untuk melaju ke tingkat kabupaten (Bengkalis), provinsi (Riau), bahkan tingkat nasional," harap Kadis Pendidikan.

Saat ditanyakan di antara peserta seleksi Cabor Sepakbola tadi ada penghafal 2 juz, 7 juz Alquran, Muthu Saily menjawab, "Alhamdulillah, berarti tidak hanya jasmani tetapi rohani mereka (siswa peserta seleksi) juga telah terisi dengan baik dan kami berharap kedepan muncul lagi anak-anak (penghafal Al-Qur'an) seperti ini dalam jumlah yang lebih banyak dan Insya Allah mereka dapat mengharumkan nama daerah Kabupaten Bengkalis dan juga Provinsi Riau untuk di ajang-ajang yang lebih tinggi bahkan kalau bisa sampai ke tingkat internasional," kata harapnya di akhir wawancara.

Pantauan wartawan media ini di lapangan pada Sabtu (02/03) dan Senin (04/03), khusus Cabor Badminton terlihat peserta kompetisi penuh semangat, suporter sangat apresiasi memberikan support kepada rekannya yang tengah berjuang untuk menjadi pemenang.

Dalam final putra misalnya, Hanson Therawan utusan SMPN 1 yang maju untuk mendapatkan gelar juara, dengan stok tenaga yang kuat sebab menaklukkan lawannya yang belum banyak jam terbang, harus mengakui Steven Hu utusan SMPS Dharma Maitreya yang terlihat hampir pengsan pada set terakhir karena mengalahkan lawan yang lumayan tangguh. Dengan perjuangan maksimal, selain skill, suport dari rekan dan gurunya, dilengkapi jiwa tenang dan super sabar mengontrol emosi akhirnya mendapatkan gelar Juara I Cabor Badminton Putra O2SN Tingkat Kecamatan Bengkalis Tahun 2024. Menanggapi ketenangan Steven ini, Mikel Yohanes Tumangkeng yang pernah ikut Kejurnas Catur, Porprov Cabor Badminton dan sekarang jadi coach Badminton juga mengaku salut kepada Steven yang juga dilatihnya. "Tenang itu kunci kemenangan kalau tak tenang maka main amburadul, kacau," ungkap Mikel.

Ketua Igornas Kabupaten Bengkalis Dimasri sekarang adalah guru SMPN 3 Bengkalis mengatakan Cabor Badminton ini adalah Program Tahunan untuk O2SN. Sebanyak 18 SLTP (Sekolah lanjutan tingkat pertama) di Kecamatan Bengkalis menjadi peserta dalam event ini. "Cabor Atletik diikuti 18 orang laki-laki dan 13 orang perempuan. Badminton pula, tidak semua sekolah mengirimkan ada yang hanya mengirimkan laki-laki saja dan ada sekolah yang hanya mengirimkan perempuan saja dengan jumlah peserta 13 orang perempuan dan laki-laki 10 orang. Sumber anggaran dari kegiatan ini mutlak dari MKKS Kecamatan Bengkalis dan kita guru olahraga yang bernaung dalam Ikatan Guru Olahraga Nasional sebagai panitia pelaksana," terangnya kepada potretnews.com, Sabtu (02/03/2024).

Masih kata Dimasri, untuk Cabor Badminton ditangani 4 orang panitia dan wasit atau jurinya di 3 lapangan seramai 4 orang, seorang diantaranya untuk penerimaan administrasi pendaftaran. Untuk Atletik 6 orang, dua orang dari Pengkab PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia) yaitu Aris dan Fadelin yang dibantu 4 orang guru olahraga dari Igornas. "Alhamdulillah, sejauh ini macam tak ade kendala yang dihadapi, lanco semue. Dan sampai siang tadi kabar Atletik Tree Lomba Lari Sprite, Lompat Jauh, dan Tolak Peluru sukses dilaksanakan dan sudah mendapat hasilnya namun hasilnya baru direkap (rekapitulasi) oleh koordinator. Kemungkinan para pemenang akan diumumkan pada hari Senin 4 Maret 2024 pagi sekitar jam lapan saat pembukaan GSI," ungkapnya.

Di mata Dimas keberhasilan para pelajar di bidang olahraga di Bengkalis ini sebenarnya sangat banyak potensinya, hanya tinggal diarahkan saja. "Misalnya tadi pada Cabor Atletik saja di SLTP untuk Tolak Peluru bisa sampai 9 meter dan itu sangat wah sekali. Setahu saya, selama saya di Atletik, untuk tolakan 9 meter itu dilakukan oleh seorang Atletik Profesional. Apalagi (andai saja) anak tadi masuk dalam pembinaan, saya rasa hasilnya lebih paling wah dan bisa menjadi sesuatu yang membanggakan di Cabor Atletik ini. Sedangkan untuk Cabor Badminton sendiri di beberapa sekolah misalnya SMPN 1 Bengkalis, SMPN 2 dan SMPN 4 ada beberapa siswa yang latihan khusus di GOR Rabbit yang dilatih oleh coach yang ada di Rabbit sana sehingga ada beberapa pemain Badminton dilahirkan dari Rabbit ini. Kebetulan momen ini pas untuk siswa Tingkat SLTP, ada juga tingkat SD, mereka tadi tinggal diarahkan dalam kompetisi O2SN," imbuh Dimasri.

Keberhasilan generasi muda di Kabupaten Bengkalis sambung Dimasri tidak terlepas dari keterlibatan orang tua dalam memotivasi anak-anak mereka. Kalau anak minat dalam satu cabang olahraga, orang tua tinggal menyalurkan minat, bakat, dan potensi anak itu sendiri, tinggal disiapkan saja. Dan kepada guru-guru khususnya guru olahraga khususnya yang ada di Kabupaten Bengkalis, sudah banyak terlibat dalam organisasi olahraga, ada di Igornas, pengurus Pengkab, pengurus cabor di KONI, termasuk yang baru Komite Olahraga dan Budaya yang sudah terbentuk, menurut Dimasri untuk strategi ke depan kalau ini berjalan, terstruktur dari bawah, dari tingkat SD, SLTP, dan SLTA maka akan tidak terbilang atlet yang akan dilahirkan tentunya dengan dukungan Pemda setempat, mempersiapkan sarana dan prasarana, untuk kedepannya itu akan mudah diraih.

Di tempat dan waktu terpisah, "Dalam pembinaan SMP ini kita tidak hanya terfokus kepada akademik tetapi ada bibit para siswa itu non akademik dan ini harus kita kembangkan. Mungkin (ada siswa) dalam belajar motivasinya kurang tetapi dalam non akademik prestasi belajarnya luar biasa sekali contohnya dalam bidang olahraga ini, Gala Siswa Indonesia dan O2SN. Mereka yang bersekolahnya di pedesaan itu luar biasa antusiasnya, dari SMPN 7 (Teluk Latak) di ujung Barat, SMPN 10 (Sekodi) ujung Timur, mereka tetap semangat untuk sampai di sini (Stadion Muhammad Ali) bahkan mereka sampai lebih duluan. Di sinilah mereka mengembangkan prestasi mereka," kata Ketua Panitia Efrizal, Senin (4/3/2024).

Menjawab pertanyaan jurnalis media ini tentang piagam guru tergarang yang diterima sang guru Dimasri atas penilaian pelajarnya, Efrizal menerangkan bahwa sebenarnya guru bukan garang, melainkan disiplin terkhusus bidang olahraga yang harus disiplin, kebanyakan orang-orang yang sukses itu adalah orang-orang yang disiplin. Dan jika ini dihubungkan saat piagam diserahkan kepada Dimasri beberapa tahun lalu, malah bertolak belakang sebab mayoritas pelajarnya dengan wajah penuh syukur menjadi murid Dimasri, foto bersama Dimasri, bahkan jurnalis sempat merasa aneh guru tergarang tapi siswanya teramat sayang, ini semua disaksikan mata dan telinga jurnalis ini kala itu.

Selanjutnya, Efrizal menyampaikan terkait pendaftaran peserta GSI Kecamatan Bengkalis ke GSI Tingkat Kabupaten Bengkalis maupun even olahraga lainnya, beliau bersama timnya akan pantau langsung ke sekolah-sekolah. "Kalau ada kendala silahkan hubungi kami, kami akan bantu. Seperti kemarin kami terjun langsung ke SMPN 4 dan SMP Muhammadiyah untuk memberi petunjuk kepada operator sekolah supaya pendaftaran ini terbaca oleh nasional dan kabupaten karena kalau salah daftar itu nantinya tidak terbaca dan percuma kalau kegiatan ini tidak kita daftarkan secara online," jelasnya yang juga disampaikan saat dirinya memberikan sambutan saat membuka GSI tadi.

Di tempat dan hari yang sama pula, kembali Dimasri dimintai sedikit statement, "Terima kasih buat kawan-kawan yang terlibat dalam MGMP PJOK dan juga terlibat dalam Igornas. Atas dukungan semuanya sehingga sukseslah acara ini. Dan untuk prestasi anak di bidang olahraga, kita membangun sama-sama untuk kedepannya yang lebih baik dan semakin sukses, semakin Jaya," ucapnya singkat namun ada bahasa bersembunyi di hati yang hanya orang terpilih bisa mendengarkannya.

Sebelum seleksi GSI dimulai, pemandu acara menyampaikan pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah kepada para Juara O2SN SLTP Kecamatan Bengkalis Cabor Atletik dan Badminton.

Cabor Atletik Putra

1. Zaki Rahmadani utusan SMPN 10 Bengkalis.

2. M Rizki Aidil dari SMPS Al Amin.

3. Akiong utusan SMPN 9 Bengkalis.

Atletik Putri

1. Jessica Valencia utusan SMPN 5 Bengkalis.

2. Rista Nazura Sari utusan SMPN 6.

3. Selvi Sabrina dari SMPN 9.

Bulu Tangkis Putra

1.Steven Hu SMPS Dharma Maitreya.

2. Hanson Therawan SMPN 1.

3.Adli Firmansyah SMPN 4 Bengkalis.

Bulu Tangkis Putri

1. Anjelica SMPN 1.

2. Afifah Putri Jumaira SMP Al Ikram.

3.Nurbaiti Permata Sari SMP IT Ibu Harapan.

Sedangkan tim kesebelasan GSI Kecamatan Bengkalis merupakan hasil seleksi pada Selasa (05/03/2024) utusan seluruh sekolah yang dinyatakan terbaik diantara yang baik yang selanjutnya akan masuk ke masa pembinaan atau lebih tepatnya TC (Training Center) dalam waktu tak berapa lama lagi.***(INF)

KETERANGAN GAMBAR:
Atas)-Sekretaris Disdik Muthu Saily, Pengurus MKKS, MGMP PJOK foto bersama juara Cabor Atletik dan Badminton, (Bawah)- Ketua Igornas Dimasri dan Ketua Panitia Efrizal menjawab Salam Olahraga setelah selesai diwawancarai, Senin (4/3/2024).

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww