Home > Berita > Umum

Warga Rokan Hulu Riau Tewas Tertabrak Ambulans di Aceh

Warga Rokan Hulu Riau Tewas Tertabrak Ambulans di Aceh

Ilustrasi.

Kamis, 09 November 2023 12:22 WIB

ACEH, POTRETNEWS.com — Sebuah tabrakan tragis mengguncang Desa Muara Jaya, Kecamatan Kepenuhan Hulu, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, saat seorang warga setempat, Sigit Setiawan (28), tewas tertabrak oleh sebuah ambulans yang baru saja mengantarkan seorang pasien.

Peristiwa tersebut terjadi di Jalan Lintas Blangkejeren - Takengon, Senin (6/11/2023) dini hari tepatnya di jalan tikungan serta menanjak di Desa Pinang Rugub, Kecamatan Rikit Gaib, Kabupaten Gayo Lues.

Dirlantas Polda Aceh, Kombes Muhammad Iqbal Alqudusy, menjelaskan bahwa awalnya, petugas tidak menemukan identitas apapun terkait dengan korban, sehingga dugaan awal adalah bahwa korban merupakan tunawisma atau orang dalam gangguan jiwa (ODGJ). Namun, setelah penyelidikan lebih lanjut, identitas korban diketahui sebagai Sigit Setiawan.

Kombes Muhammad Iqbal Alqudusy juga mengungkapkan bahwa sopir ambulans yang terlibat dalam kecelakaan tersebut, Kamarudin, telah diamankan oleh pihak kepolisian karena diduga sebagai pelaku tabrak lari.

Kronologi kecelakaan ini dimulai ketika Kamarudin, sopir ambulans, baru saja merujuk pasien ke rumah sakit di Aceh Tengah bersama seorang perawat. Kecelakaan terjadi saat dalam perjalanan kembali ke Gayo Lues. Dalam perjalanan itu, Kamarudin mengalami rasa kantuk dan singgah beberapa kali. Selain itu, dia mengemudikan ambulans dengan kecepatan tinggi. Kamarudin melebar ke sisi kanan jalan saat tiba di lokasi kejadian, diperkirakan menabrak sesuatu yang menyebabkan korban tewas.

Kamarudin melanjutkan perjalanan hingga ke RSU Muhammad Ali Kasim, Gayo Lues, tanpa menyadari bahwa ia telah menabrak seorang pejalan kaki. Sementara itu, korban pertama kali ditemukan oleh tim Satresnarkoba yang sedang melaksanakan patroli dan razia di jalan.

Petugas langsung memberikan pertolongan pertama setibanya di lokasi, namun korban telah meninggal dunia.

"Lalu dicek identititas dan tidak ada ditemukan apapun, lalu korban dievakuasi ke RSU MAK Gayo Lues, Kasatlantas kemudian membentuk tim untuk mengungkap peristiwa dugaan kecelakaan lalu lintas dengan modus operandi tabrak lari tersebut," tuturnya.

"Tim mengambil sidik jari secara otomatis dan kemudian keluar beberapa data identitas kependudukan lalu diambil kembali secara manual guna mencari kesamaan identik terhadap sidik jari tersebut, setelah diteliti dengan cermat terdapat data yang identik atas nama Sigit Setiawan," lanjutnya.

Dari kejadian tersebut, kata Iqbal, petugas mengumpulkan sejumlah alat bukti termasuk rekaman CCTV.

Kemudian tim dipimpin Kasatlantas mendatangi RSU MAK, Gayo Lues dan mencari keberadaan mobil dan sopirnya.

Tim juga memeriksa kondisi fisik mobil ambulans, dan menemukan bekas penyok serta percikan darah.

"Berdasarkan bukti permulaan yang cukup yaitu kesesuaian antara hasil olah TKP, keterangan saksi, keterangan supir, barang bukti mobil ambulance serta rekaman CCTV, tim meyakini Kamarudin diduga sebagai pelaku tabrak lari tersebut," ungkapnya.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Rohul
wwwwww