Home > Berita > Umum

200-an Calon Anggota PPK se-Kabupaten Bengkalis Ikuti CAT, Masyarakat Diminta Laporkan Rekam Jejak

200-an Calon Anggota PPK se-Kabupaten Bengkalis Ikuti CAT, Masyarakat Diminta Laporkan Rekam Jejak

(Atas) Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan SDM Mukhlasin. (Bawah) Peserta tes melihat nilai yang mereka dapatkan, Senin (6/5/2024).

Selasa, 07 Mei 2024 23:02 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.comComputer Assisted Test (CAT) atau dalam bahasa Indonesianya tes berbasis komputer yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis terhadap 200-an calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kabupaten Bengkalis adalah bentuk transparansi proses pemilihan karena nilainya dapat dimonitor langsung oleh masyarakat umum saat peserta mengerjakan soal atau usai tes.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ketua KPU Agung Kurniawan melalui Divisi Sosialisasi, Partisipasi Masyarakat, Pendidikan Pemilih, dan SDM Mukhlasin SSos MIkom.

"CAT PPK berdasarkan hasil seleksi administrasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis yang sudah diumumkan ada sekitar 250-an peserta. Yang lulus seleksi administrasi, dapat mengikuti tahapan berikutnya yaitu dengan menggunakan sistem CAT di Politeknik Negeri Bengkalis. Masing-masing Kecamatan membutuhkan 5 orang anggota PPK yang nantinya melaksanakan tahapan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Serentak Tahun 2024 yaitu Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati dan Gubernur dan Wakil Gubernur," kata Mukhlasin kepada potretnews.com, Senin (6/5/2024).

Saat ditanyakan kendala saat CAT berlangsung, dia mengucap syukur. ”Alhamdulillah, kita memang bekerja sama dengan Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dalam sistem jaringan dan fasilitas CAT. Alhamdulillah, tidak ada kendala dan berjalan dengan lancar," jawabnya.

Dia menyebut, untuk pengumuman resmi, akan dilaksanakan Selasa (7/5/2024) tapi secara awal peserta sudah dapat melihat nilainya yang hari ini. Karena setiap sesi yang sudah melaksanakan tes langsung diumumkan nilainya karena langsung keluar. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk membuktikan KPU transparan dalam proses penilaian terhadap hasil seleksi di tahapan CAT ini.

"Kita mencari anggota-anggota calon PPK yang memiliki integritas, memiliki profesionalitas dalam bekerja untuk mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024. Berkaitan dengan itu, setelah nanti kita umumkan hasil dari seleksi CAT ini, kita juga memberikan peluang kepada masyarakat untuk memberikan tanggapan terhadap rekam jejak calon-calon PPK. Kalau memang nanti terbukti atau ada bukti dari masyarakat yang memiliki rekam jejak, masyarakat bisa melaporkan di tanggapan masyarakat dan bisa disampaikan ke kita di KPU Kabupaten Bengkalis untuk menjadi pertimbangan kita terkait peserta tersebut, artinya kita betul-betul mencari anggota PPK yang memiliki integritas dan profesionalitas dalam bekerja," ungkapnya di akhir wawancara.

Faisal, seorang peserta tes dari Kecamatan Mandau saat diminta media ini memberikan tanggapan atas CAT tadi, mengatakan, ujian CAT sedikit memberikan kepuasan lebih kepada kita karena langsung mendapatkan hasil dan bisa menjadi pembanding yang langsung kita lihat dalam ruangan tadi. Saat diwawancarai, Faisal tengah menunggu print hasil tes di mana dirinya mendapatkan nilai yang masuk dalam 10 besar.

”Saya mengucapkan terima kasih kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bengkalis termasuk tadi wejengan cukup hangat, sebelum ujian kita disuguhkan kopi, snack, dan lain-lainnya. Kegiatan prosesnya berjalan dengan lancar tidak ada kendala dalam teknis ataupun kendala lainnya. Alhamdulillah, saya enjoy, tak ada beban mengikuti ujian tadi," ucapnya yang berada di teras pintu masuk Jurusan Teknik Informatika Politeknik Negeri Bengkalis.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww