Profil Singkat Yulisman, Politisi Muda Berkarier Cemerlang yang Dipersiapkan Golkar sebagai Calon Bupati Indragiri Hulu

Profil Singkat Yulisman, Politisi Muda Berkarier Cemerlang yang Dipersiapkan Golkar sebagai Calon Bupati Indragiri Hulu
Sabtu, 06 April 2024 14:15 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Yulisman, Ketua DPRD Provinsi Riau yang juga anggota DPR RI terpilih dari Riau pada Pemilu 2024, disiapkan Partai Golkar untuk maju sebagai calon Bupati Inhu pada Pilbup Inhu 2024 ini.

Hari ini Yulisman dipanggil oleh DPP Partai Golkar untuk menghadiri konsolidasi calon kepala daerah Partai Golkar di Jakarta.

Kepastian munculnya nama Yulisman sebagai calon Bupati Inhu adalah pemanggilan dirinya oleh DPP Partai Golkar pada Sabtu (6/4/2024) ke Jakarta melalui seutas surat yang diteken oleh Wakil Ketua Umum, Ahmad Doli Kurnia Tanjung dan Sekretaris Jenderal, Lodewijk F. Paulus.

Ini seperti dilihat dalam surat yang diterima Tribunpekanbaru.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (4/4/2024) malam. Undangan itu meminta Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Partai Golkar di wilayah masing-masing untuk menghadirkan nama-nama yang tercantum dalam lampiran.

"Undangan menghadiri acara Silaturahmi dan Pengarahan Ketua Umum DPP Partai GOLKAR kepada Bakal Calon Kepala Daerah/Bakal Calon Wakil Kepala Daerah Kader Partai GOLKAR," demikian isi perihal surat itu.

Acara akan digelar pada Sabtu (6/4/2024) mulai pukul 15.00 WIB dan dilanjutkan dengan Buka Puasa Bersama. Bertempat di Lantai II Grha Golkar Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli Murni XI A Kemanggisan, Jakarta Barat.

Ketua DPD II Partai Golkar Kampar, Repol membenarkan undangan tersebut. "Asli," katanya kepada Tribunpekanbaru.com, Jumat (5/4/2024).

Yulisman, sendiri adalah sosok politis muda yang memiliki karier cemerlang di dunia politik lokal. Pria kelahiran Airmolek, 10 Juli 1974 itu, membangun karir politiknya di Partai Golkar. Di bawah partai beringin, ia sukses melenggang menjadi wakil rakyat di DPRD Riau pada Pemilu 2014. Ia maju dari dapil Riau 8 meliputi Indragiri Hulu dan Kuansing.

Pada pemilu 2019, Yulisman kembali maju menjadi calon anggota DPRD Riau dari dapil yang sama. Ia pun kembali duduk, bahkan didapuk menjadi Ketua DPRD Riau. Di Partai Golkar Riau, ia menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kaderisasi dan Keanggotaan.

Lulusan Ilmu Kimia Universitas Riau angkatan 1992 itu, sebenarnya tak asing dengan dunia organisasi dan politik. Saat duduk di bangku kuliah, ia duduk sebagai Ketua Senat Mahasiswa Universitas Riau pada 1995-1996.

Lalu, ia juga menjabat sebagai Ketua HMI Badan Koordinasi (Badko) Riau Tahun 1998 - 2000 dan Koordinator Presidium Pengurus Majelis Wilayah (PMW) KAHMI Riau. Kemonceran karir politiknya makin terlihat tatkala ia maju menjadi Calon Anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Riau 2.

Di dapil ini, ia sukses mengamankan satu kursi di Senayan untuk Partai Golkar. Menariknya, di kontestasi itu, Yulisman melibas nama-nama besar bahkan petahana anggota DPR RI yang bertarung di Dapil Riau 2.***

Editor:
Muhammad Amin Nasution

Kategori : Politik, Inhu
wwwwww