Jelang Ramadan dan Idulfitri 2024, Pj Bupati Kampar Ajak Stakeholder untuk Fokus Kendalikan Inflasi

Jelang Ramadan dan Idulfitri 2024, Pj Bupati Kampar Ajak <i>Stakeholder</i> untuk Fokus Kendalikan Inflasi
Senin, 04 Maret 2024 17:40 WIB

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Penjabat (Pj) Bupati Kampar Hambali, SE, MH mengikuti Rapat Koordinasi Pengamanan Pasokan dan Harga Pangan Jelang Puasa dan Idulfitri bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian melalui zoom meeting dari lantai II kantor bupati, Senin (4/3/2024).

Ikut serta mendampingi Pj Bupati Kampar, Asisten II Setda Kampar Suhermi, Kadis Ketahanan Pangan Muhammag, Perwakilan Dandim Suhendri, dan Plt Kabag Ekonomi Purwoko.

Dalam arahannya Mendagri Dalam Negeri Tito Karnavian menyebut, stok pangan khususnya beras menjelang Ramadan hingga Hari Raya Idulfitri 2024 dalam kondisi aman.

Menteri mengutip pernyataan pihak Bulog yang memaparkan cadangan beras pemerintah (CBP) di angka 1,2 juta ton dan sekitar 400 ribu ton dalam perjalanan gudang Bulog serta untuk stok komersial 19.697 ton.

"Jadi kami kira stok relatif aman, impor juga seingat saya dua pekan lalu Menteri Pertanian sudah sampaikan sudah keluarkan rekomendasi impor. Kita harap dari Kementerian Perdagangan bisa mempercepat pengeluaran izinnya dan impor dilakukan secara bertahap untuk menjaga stok," kata Tito.

Tito juga menyampikan stok beras ini akan diperkuat dengan panen raya yang mulai terjadi di beberapa daerah. Untuk itu, ia berharap Bulog dalam menyiapkan skema dalam menyerap panen raya.

Sedangkan, untuk memastikan stabilitas harga, pemerintah juga mendorong dilakukannya Gerakan Pangan Murah di daerah-daerah. Ia mendorong pemerintah daerah baik tingkat provinsi, kabupaten hingga kota untuk berkoordinasi dengan Bulog di daerah.

Sementara itu Pj Bupati Kampar Hambali SE MH, setelah selesai melakukan rakor melalui zoom mengajak semua stakeholder untuk fokus mengendalikan inflasi di daerah yang dipimpinya.

Dikemukakan Pj bupati, Pemda Kampar juga sudah melakukan operasi pasar di setiap kecamatan."Kita juga sudah melakukan Operasi pasar, ini akan rutin kita lakukan di setiap kecamatan bersama instansi terkait dan instansi vertikal, dengan demikian inflasi dapat kita kendalikan di Kabupaten Kampar, terutama menjelang Ramadan dan Idulfitri 2024 dimana menjelang ramadhan dan Idul Fitri harga barang pokok biasanya naik," ujar Hambali.***(Advertorial)

Kategori : Pemerintahan, Kampar
wwwwww