Lepas Pawai Taaruf dan Lantik Dewan Hakim MTQ ke-53 Kabupaten Kampar, Pj Sekda: MTQ Sarana bagi Kafilah untuk Tingkatkan Prestasi

Lepas Pawai Taaruf dan Lantik Dewan Hakim MTQ ke-53 Kabupaten Kampar, Pj Sekda: MTQ Sarana bagi Kafilah untuk Tingkatkan Prestasi
Kamis, 29 Februari 2024 19:23 WIB
KAMPAR, POTRETNEWS.com — Penjabat (Pj) Sekda Kampar Drs Yusri MSi mewakili Pj bupati melepas rombongan Pawai Taaruf dalam rangka pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-53 Tahun 2024 tingkat Kabupaten Kampar. Sebelumnya Pj Sekda Kampar melantik 121 orang Dewan Hakim yang nantinya akan menjadi juri dan penilai dengan mengambil tempat di sepanjang jalan Desa Pantairaja Kecamatan Perhentianraja, Kamis (29/2/2024).

Tampak hadir sebagai tamu kehormatan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Ricana Djayanti Hambali yang didampingi oleh Plt Ketua DWP Kabupaten Kampar Juli Mastuti Yusri dan Camat Perhentianraja selaku tuan rumah, Agus Wiyana SPdI. Hadir juga para asisten di sekretariat daerah, seluruh pimpinan OPD, dan camat se- Kabupaten Kampar.

”Musabaqah Tilawati Quran yang kita laksanakan ini merupakan sarana para kafilah Kabupaten Kampar dalam berlomba dan meraih prestasi yang bisa dibanggakan, baik itu orang tua dan masyarakat di kecamatan masing-masing sehingga kedepan dapat mewakili dan mengharumkan Kabupaten Kampar di tingkat provinsi maupun nasional. Silakan bersaing dengan baik, tetap jaga kekompakan dan silaturami di antara kita, khususnya Hamalatul Quran," kata Yusri, membaca sambutan Pj Bupati Kampar.

Yusri juga menyampaikan bahwa Pawai Taaaruf adalah proses awal dari pelaksanaan MTQ. Di samping untuk memeriahkan pelaksanaan MTQ, dan penyemangat para kafilah, Pawai Taaruf juga sebagai ajang silaturahmi di antara semua kafilah, masyarakat dan pihak pemerintah.

”Kepada Dewan Hakim yang terhormat, saya bersama Pemerintah Kabupaten Kampar berharap untuk dapat melaksanakan tugas penilaian sesuai dengan keahliannya serta dapat memberikan penilaian yang objektif berdasarkan kepada hati nurani tanpa dipengaruhi oleh siapapun dan pihak manapun,” ucap Yusri.
Di sisi lain, saat melantik Dewan Hakim, Yusri berharap setelah pelaksanaan MTQ ini, Dewan Hakim kembali melanjutkan pembinaan ditempat masing-masing, karena para Dewan Hakim yang bertugas saat ini rata-rata adalah para guru di tempatnya masing-masing.

Pj Ketua TP PKK Kabupaten Kampar juga sampaikan rasa bangga dan semangatnya atas pelaksanaan MTQ tingkat kabupaten ini.

”Mari kita kita kembalikan syiarkan dan kita gemakan ayat-ayat suci Alquran di negeri kita, bangkitkan kembali kecintaian terhadap Alquran melalui kegiatan Magrib Mengaji di kampung kita, sehingga surau-surau dan masjid-masid kembali hidup dengan kegiatan para remaja, anak-anak generasi penerus bangsa dengan membaca Alquran,” tutur Ricana.

Selanjutnya Ricana sembari lambaikan tangan pada peserta taaruf juga menyampaikan apresiasi atas partisipasi dan keikutsertaan para kafilah dan ucapkan selamat datang, serta berharap melalui Pawai Taaruf ini kita rekat silaturahmi yang semakin kokoh menuju masyarakat Kabupaten Kampar yang beriman, bertakwa dan berbudaya.

Berdasarkan laporan, MTQ kali ini melombakan 10 cabang dengan tambahan 1 cabang baru yakni Berzanji yang baru untuk pertama kali dilaksanakan di MTQ ke-53 tahun 2024, dan diikuti oleh 21 kecamatan se-Kabupaten Kampar mulai 29 Februari sampai dengan 6 Maret 2024 dengan pusat lokasi pelaksanaan di Masjid Annizam Kecamatan Perhentianraja.***(Advertorial)

Kategori : Pemerintahan, Kampar
wwwwww