6 Orang Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Lintas Pematangsiantar-Pematangraya Simalungun, Polisi: Sopir Truk Positif Narkoba

6 Orang Tewas dalam Kecelakaan Beruntun di Jalan Lintas Pematangsiantar-Pematangraya Simalungun, Polisi: Sopir Truk Positif Narkoba

Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa menjawab pertanyaan wartawan, (F-ISTIMEWA)

Sabtu, 27 Januari 2024 19:09 WIB
Akam Sopian Sibarani
SIMALUNGUN, POTRETNEWS.com — Kecelakaan lalu lintas (lakalantas) beruntun terjadi di jalan umum Kilometer (Km) 24-25 lintas Kota Pematangsiantar-Pematangraya, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) pada Rabu (24/1/2024), kira-kira pukul 13.30 WIB. Informasi dihimpun potretnews.com, lakalantas maut ini menewaskan 6 orang dan 4 lainnya luka ringan. Lakalantas melibatkan 1 truk box Mitsubishi Fuso tronton roda 10 dan 5 unit mobil. Tidak hanya itu, 5 unit sepeda motor milik warga yang sedang parkir di sisi jalan juga turut tertabrak.

Identitas Korban
Sebelumnya, Kamis, 25 Januari 2024, Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa Meliala menerangkan, dari 6 korban tewas, 5 di antaranya adalah penumpang mobil Daihatsu Terios, rombongan guru SMK Negeri 1 Simalungun yang hendak melayat mertua seorang guru ke Pamatangraya.

Ke-5 korban tewas adalah Sri Welpeni Purba (56) warga Nagori Siantar Estate, Kecamatan Siantar, Simalungun, Rosemian Gultom (55) alamat Jalan Asahan, Km 5, Nagori Sejahtera, Siantar, Simalungun, Elpine Simanjuntak (55) alamat Jalan Perum Batu 6, Siantar, Simalungun, Sri Juni Eva Saragih (52) alamat Jalan Bali, Kelurahan Bane, Siantarmartoba, Kota Pematangsiantar, dan Surti Togatorop (28) alamat Paranginan, Humbahas.

Akibat lakalantas maut tersebut, 5 korban mengalami luka berat dan meninggal dunia di tempat kejadian perkara (TKP). Sedangkan 2 lainnya, Chirisyanti Simbolon, pengemudi mobil Terios, dan Justin Rotua Sinurat mengalami luka, dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Rondahaim Batu 20.

Sementara korban tewas lainnya adalah penumpang mobil pikap L-300 bernama Hari Pardede (24) alamat Jalan Besar Sarimatondang, Nagori Tiga Bolon, Kecamatan Sidamanik, Simalungun, mengalami luka berat dan meninggal dunia di RSUD TN Rondahaim.

”Sedangkan sopir mobil pikap, Irwan Rumahorbo (33) alamat Kelurahan Sarimatondang, mengalami luka ringan," terangnya.

Kronologi Kecelakaan
Dijelaskan Kapolres Simalungun, AKBP Choky Sentosa, sebelum kejadian mobil truk box Mitsubishi Fuso yang dikemudikan Dedi Setiadi Maret Tampubolon, warga Jalan Bintang Maratur, Kelurahan Bane, Kecamatan Siantar Utara, Pematangsiantar, datang dari arah Pematangraya dengan kecepatan sedang.

Setibanya di tempat kejadian, diduga tiba-tiba rem mobil mengalami blong, sehingga pengemudi hilang kendali dan mobil berjalan ke depan jurusannya kemudian menabrak mobil dan sepeda motor.

Kemudian truk berhenti setelah menabrak 1 mobil penumpang Terios yang dikemudikan Chrisyanti Simbolon, yang saat bersamaan datang dari arah Pematangsiantar menuju Pematangraya. Banyaknya kendaraan yang terlibat kecelakaan beruntun karena saat kejadian di TKP sedang ada keramaian acara pesta pernikahan.

Begitu mendapat laporan, personel Sat Lantas Polres Simalungun langsung terjun ke TKP melakukan evakuasi para korban meninggal dunia dan yang mengalami luka ke RSUD Rondahaim Batu 20.

”Kita juga melakukan cek dan olah TKP, mengamankan barang bukti dan meminta keterangan saksi-saksi. Kerugian materil diperkirakan mencapai Rp500 juta,” tandasnya.

Berdasarkan hasil penyelidikan, kata kapolres, sopir truk positif memakai narkoba dan sudah ditetapkan sebagai tersangka.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Hukrim
wwwwww