Home > Berita > Riau

Kepala BNPB Masih Pimpin Operasi Penggempuran Titik Panas Kebakaran Hutan di Riau

Kepala BNPB Masih Pimpin Operasi Penggempuran Titik Panas Kebakaran Hutan di Riau

Ilustrasi.

Rabu, 31 Agustus 2016 13:40 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Penanggulangan kebakaran hutan dan lahan dilakukan secara intensif. Kepala BNPB Willem Rampangile pun masih di Riau memimpin operasi pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Untuk mempercepat pemadaman BNPB menambah 2 lagi helikopter water bombing di Riau. Total ada 5 helikopter water bombing BNPB terdiri dari helikopter MI-171 dua unit, MI-8, Sikorsky S61, dan Bolcow 105.

Selain itu, ada juga 2 pesawat Air Tractor water bombing dan 1 pesawat CASA TNI AU hujan buatan. Satgas udara ini terus menggempur hotspot kebakaran hutan dan lahan dari udara dan menyemai awan-awan potensial menjadi hujan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan pada Selasa (30/8/2016) kemarin sebanyak 800 kilogram garam dapur (NaCl) telah ditebarkan ke dalam awan-awan potensial di ketinggian 9.500 kaki di atas daerah Pelalawan, Siak dan Kota Pekanbaru.

Terdapat beberapa sel awanawan cumulus dengan puncak awan 11 ribu hingga 12.000 kaki di sekitar Riau bagian Timur Laut - Tenggara. Total sudah 40 ton garam dapur digunakan untuk hujan buatan di Riau. Saat ini masih tersedia 9,5 ton garam dapur untuk hujan buatan.

Satgas darat dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni, Damkar, Basarnas, Masyarakat Peduli Api dan relawan juga terus beroperasi memadamkan api di darat. Untuk memperkuat satgas darat maka telah tiba bantuan 2 SSK (Satuan Setingkat Kompi) sekitar 200-300 personil dari Kodam I Bukit Barisan. Mereka akan diperbantukan untuk memadamkan api dan menjaga wilayah-wilayah yang rawan dibakar.

Editor:
Farid Mansyur

Sumber:
Jaringnews.com

wwwwww