Home > Berita > Rohil

Suyatno Bertekad Mencerdaskan Warga Lewat Perpustakaan Desa

Suyatno Bertekad Mencerdaskan Warga Lewat Perpustakaan Desa

Ilustrasi perpustakaan desa.

Selasa, 29 Desember 2015 13:56 WIB
Raja/Jaka Abdillah
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Bupati Rokan Hilir (Rohil), Riau, H Suyatno membuka secara resmi Sosialisasi Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) yang dilaksanakan di Gedung Serbaguna, Jalan Merdeka, Selasa (29/12/15) pagi. Dalam pidatonya bupati antara lain menyarankan kepada lurah/penghulu untuk membangun pustaka desa. Mengenai realisasinya, tergantung dari pihak kepenghuluan untuk dimusyawarahkan di masing-masing desa.

"Manfaatkan dana ADD (anggaran dana desa) itu untuk membangun pustaka desa, apalagi masyarakat sangat menginginkannya," ujar Suyatno.

Meski demikian, jika pihak kepenghuluan tidak berkeinginan membangun pustaka desa menggunakan dana ADD, pemkab tetap akan membangun dengan menggunakan anggaran melalui Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Rohil setiap tahunnya secara bertahap. "Saya pikir Pustaka Desa sangat penting dibangun tiap desa, karena dengan adanya perpustakaan tersebut masyarakat bisa cerdas dan memiliki ilmu pengetahuan," ujarnya.

Pada bagian lain, Bupati Suyatno juga meminta Kepada Kantor Arsip dan Perpustakaan Rohil untuk membuat program-program, di antaranya agar ke depan kegiatan sosialisasi tidak hanya dilaksanakan di ibu kota kabupaten melainkan juga dilaksanakan di masing-masing kecamatan.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Kearsipan Rohil Hj Tuti Safitri mengatakan, dari 30 pustaka di Rokan Hilir dua diantaranya telah memberikan kontribusi bagi daerah, yakni Pustaka Desa di Kepenghuluan Seremban Jaya dan Panipahan mendapatkan juara pertama dalam perlombaan Pustaka Desa Tingkat Propinsi Riau. ***

Kategori : Rohil, Umum
wwwwww