Home > Artikel > Potret Riau
Potret Riau
kokohnya-mesjid-jami-airtiris-di-kampar-dibangun-tahun-1901-dan-berulang-kali-dibakar-belanda
KAMPAR, POTRETNEWS.com - Sebagai Kota Serambi Mekkah Riau, Kabupaten Kampar mempunyai banyak cerita tentang Islam. Salah satunya adalah Mesjid Jami'. Mesjid yang terletak di Jalan Pasar Usang Desa Tanjungbarulak, Airtiris Kecamatan Kampar, Kabupaten Kampar ini dibangun pada tahun 1901 Masehi atas prakarsa Engku Mudo Sangkal.
inilah-pasar-pusat-tempo-doeloe-yang-sekarang-berubah-menjadi-plaza-sukaramairamayana
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Hanya sedikit bangunan tua yang tersisa di Pekanbaru, itu pun barangkali akan segera tergusur. Seperti Pasar Pusat telah dibangun Kompleks Pasar Sukaramai, yang lebih dikenal dengan Plaza Sukaramai-Ramayana.
menelusuri-jejak-kereta-api-di-riau-kisah-pilu-romusha-pekerja-rel-yang-meninggal-karena-kurang
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Sebelum Perang Dunia II pemerintah kolonial Belanda telah membuat rencana pembangunan jaringan jalan rel kereta api yang menghubungkan pantai timur dan pantai barat Sumatera, yang akhirnya akan meliputi seluruh pulau Sumatera. Jalur Muaro ke Pekanbaru adalah bagian dari rencana itu.
kisah-perjuangan-tuanku-tambusai-harimau-paderi-dari-rokan
ROKAN HULU, POTRETNEWS.com - Tuanku Tambusai adalah salah seorang pejuang tangguh dalam sejarah negeri ini. Berikut kisah perjuangan Pahlawan Nasional ini. Tuanku Tambusai lahir di Dalu-dalu, Nagari Tambusai, Rokan Hulu, Riau, 5 November 1784. Dalu-dalu merupakan salah satu desa pedagang Minangkabau yang didirikan di tepi Sungai Sosah, anak Sungai Rokan.
legenda-ikan-patin
Legenda Ikan Patin
Minggu, 06 Desember 2015 18:21 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com - Ikan patin adalah salah satu jenis ikan sungai atau air tawar. Ikan jenis ini memiliki bentuk yang unik. Badannya panjang sedikit memipih, berwana putih perak dengan punggung berwarna kebiru-biruan, tidak bersisik, mulutnya kecil, memiliki sungut berjumlah 2-4 pasang yang berfungsi sebagai alat peraba.
inilah-meriammeriam-peninggalan-kerajaan-pelalawan
Inilah Meriam-Meriam Peninggalan Kerajaan Pelalawan
Minggu, 06 Desember 2015 10:33 WIB
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Meriam adalah senjata berbentuk silindrik berukuran besar terbuat dari logam. Meriam kuno hanya memiliki satu lubang untuk keluar masuknya peluru,. Satu lubang lainnya yang berada di moncong dibuat sebagai jalan keluarnya peluru.
ohh-cikalbakal-kerajaan-pelalawan-ternyata-dari-kerajaan-pekantua-yang-rajanya-berasal-dari
PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com - Kerajaan Pelalawan berawal dari Kerajaan Pekantua yang didirikan oleh Maharaja Indera (sekitar tahun 1380 M). Beliau adalah bekas Orang Besar Kerajaan Temasik (Singapura), mendirikan kerajaan ini setelah Temasik dikalahkan Majapahit dipenghujung abad XIV.
bernostalgia-bepergian-dengan-bus-panjang-alias-bus-king-kong-favorit-pelajar-kota-duri-zaman-dulu
DURI, POTRETNEWS.com - "Bus Panjang" atau ”Bus King Kong”, inilah sebutan untuk bus sekolah yang mengangkut pelajar Kota Duri, Kabupaten Bengkalis, Riau, pada dekade 80-an dan awal 90an terutama yang bersekolah di daerah Sebanga.
cerita-pilu-dr-rm-pratomo-perintis-kesehatan-bagansiapiapi-yang-jasadnya-ditelan-arus-dan-lumpur
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Jika kita berkunjung ke Kota Bagansiapiapi, maka, kita akan melewati jalan yang merupakan pintu masuk kota tua tersbut, yang sekarang dikenal dengan Jalan Pahlawan (di era kolonial bernama Haga Straat).
uniknya-pemakaman-tionghoa-di-bagansiapiapi
Uniknya Pemakaman Tionghoa di Bagansiapiapi
Senin, 30 November 2015 11:46 WIB
BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com - Bila Anda berjalan-jalan di Kota Bagansiapiapi, jangan heran bila berkunjung ke pemakaman warga Tionghoa, khususnya yang beragama Buddha. Di sana Anda akan menemukan kuburan yang tidak lazim bagi warga kota, misalnya.
wwwwww