Home > Berita > Umum

Pengurus LAMR BP Jakarta Dikukuhkan, Ini Pesan Datuk Seri Setia Amanah!

Pengurus LAMR BP Jakarta Dikukuhkan, Ini Pesan Datuk Seri Setia Amanah!

Ketua MKA LAMR mengukuhkan Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau Badan Perwakilan Jakarta, Ahad (12/03/2023). (F-IST)

Minggu, 12 Maret 2023 19:36 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com – Pengurus Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Badan Perwakilan (BP) Jakarta dikukuhkan, Ahad (12/03/2023). Gubernur Riau Syamsuar ikut menyaksikan langsung pengukuhan ini. Bahkan, Datuk Seri Setia Amanah itu didaulat memasangkan tanjak kepada pimpinan LAMR BP Jakarta. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (Ketum MKA) Datuk Seri H Marjohan Yusuf, didampingi Ketum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAMR, Datuk Seri H Taufik Ikram Jamil. LAMR BP Jakarta sendiri diketuai oleh Datuk H Munasir Maadab SE MM dengan Ketua Pembina, Datuk Ir Marzuki Husein.

Kepada kedua pimpinan LAMR BP Jakarta tersebut dipasangkan tanjak oleh Datuk Seri Syamsuar, dilanjutkan pemasangan selempang oleh Datuk Seri Marjohan Yusuf, dan penyelipan keris oleh Datuk Seri Taufik Ikram Jamil. Keduanya juga ditepuk tepung tawari oleh tokoh Riau yang menjabat sebagai Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag RI, Drs H Tarmizi Tohor, sekaligus memimpin doa.

Datuk Seri Syamsuar menyambut baik atas dikukuhkannya LAMR BP Jakarta, yang diharapkan dapat menjadi jembatan dengan daerah lain dalam skala nasional. Sehingga hubungan baik antar daerah maupun toleransi berbangsa makin terbina.

Dia menyebutkan, Riau sendiri sempat dianggap daerah intoleransi. Tapi berkat komunikasi terus menerus, daerah ini sekarang menyandang predikat toleransi cukup tinggi dengan nilai di atas 70 persen. “Kita harus meningkatkan hal ini, sejalan dengan harapan leluhur Melayu yang dikembangkan sejak lama, senantiasa membuka diri untuk bersama-sama,” pesan Datuk Seri Syamsuar.

Menurutnya, LAMR juga harus memperhatikan keislaman, sejalan dengan motto Adat Bersendi Syarak, sedangkan Syarak Bersendikan Kitabullah.  Hal ini memberi pesan agar memperhatikan Alquran sebagaimana dituntut oleh syariah suci, Islam. Upaya mempelajari dan menghafalnya yang kini digalakkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, salah satunya melalui Majelis Alquran Riau atau Maqari. (rls)

Kategori : Umum
wwwwww