Home > Berita > Umum

Banyak Mudarat, LAMR Imbau Pemerintah Hentikan Balap Liar

Banyak Mudarat, LAMR Imbau Pemerintah Hentikan Balap Liar

Ketua Umum MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri HR Marjohan Yusuf. (F-IST)

Kamis, 02 Februari 2023 12:44 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Balap liar di Kota Pekanbaru semakin marak dan seakan sudah menjadi trend. Padahal perbuatan tersebut dinilai kurang baik dan banyak mudaratnya. Bahkan mudarat itu bisa sampai pada merenggut nyawa. Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Provinsi Riau Datuk Seri HR Marjohan Yusuf, dalam keterangan tertulisnya yang diterima potretnews.com, Kamis (02/02/2023).

Menurut Datuk Marjohan, petuah Melayu mengingatkan agar manusia menjauhkan diri dari perilaku yang dapat menimbulkan mudarat, baik bagi diri sendiri, maupun bagi orang lain. Oleh karena itu, ia mengimbau agar, anak-anak muda untuk menghentikan kegiatan balap liar di jalanan.

“Jika ingin menyalurkan (hobi), haruslah melalui organisasi resmi. Misalnya, bergabung bersama Ikatan Motor Indonesia, sehingga lebih baik dan terarah,” katanya.

Selain itu, LAMR juga mengimbau agar para orang tua, dapat mengawasi anak-anak mereka, dan mengarahkannya ke arah aktivitas yang positif. Perhatian orang tua sangat penting, karena dengan perhatian tersebut, mereka akan dapat tumbuh menjadi generasi muda yang mandiri dan dapat berkontribusi bagi negeri.

“Seperti ungkapan Gurindam Dua Belas, kepada anak janganlah lalai, supaya dapat naik ke tengah balai,” tuturnya.

Kepada pemerintah, LAMR mengharapkan agar dibuat program-program untuk pengembangan generasi muda, agar mereka dapat mengalihkan energinya kepada hal-hal yang lebih bermanfaat. Di sisi lain, kepada pihak kepolisian, LAMR meminta untuk dapat melakukan langkah-langkah, agar balap liar yang mulai menjamur ini, dapat diantisipasi. Sehingga tidak menimbulkan masalah bagi pengguna jalan raya.

“Jika memang dengan cara yang persuasif tidak memberikan hasil yang maksimal, maka perlu diambil langkah-langkah yang tegas demi keselamatan bersama,” imbuh Datuk Seri HR Marjohan.***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum, Riau
wwwwww